PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI BERMAIN PASARAN PADA SISWA KELAS IV UPTD SDN BANDANG LAOK 1 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN TAHUN 2021/2022

  • Yuniati Farida, S.Pd.SD UPTD SDN Bandang Laok 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan
Keywords: minat dan prestasi, siswa kelas IV, permainan pasaran.

Abstract

Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang kurang disenangi oleh siswa di Sekolah Dasar. Terlebih ketika siswa kurang mengerti terhadap materi yang diajarkan karena pembelajaran kurang menarik dan tidak menyenangkan. Seperti yang terjadi di UPTD SD Negeri Bandang Laok 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan yaitu siswa masih kurang mempunyai minat untuk belajar matematika sehingga prestasi belajarnya rendah. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh cara mengajar guru yang kurang bervariasi bahkan cenderung monoton sehingga siswa menjadi pasif di kelas dan masih kurangnya penggunaan media pembelajaran untuk menarik perhatian siswa terhadap pembelajaran matematika. Oleh sebab itu dilakukan penelitian dengan judul “Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Strategi Bermain Pasaran Pada Siswa Kelas IV UPTD SDN Bandang Laok 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan”. Maka harapan dari penerapan strategi bermain pasaran ini agar dapat pembelajaran menjadi menarik serta menyenangkan peserta didik. Berdasarkan prestasi belajar siswa kelas IV di UPTD SDN Bandang Laok 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan yang terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari sebelum tindakan sebesar 20%, meningkat pada siklus I menjadi 37%, dan pada siklus II menjadi sebesar 50%, dan meningkat lagi pada siklus III meningkat menjadi 91%. Kemudian juga terjadi peningkatan dari sisi antusias dan pendapat serta minat belajar siswa yang dibuktikan dalam aspek antusias sejumlah 4 atau 19%, mengajukan pendapat sejumlah 3 atau 15%, dan minat belajar siswa sejumlah 5 atau 23% siswa pada siklus I. Kemudian meningkat pada siklus II dari aspek antusias menjadi sejumlah 9 atau 45%, mengajukan pendapat sejumlah 11 atau 50%, dan minat belajar siswa sejumlah 10 atau 46% siswa berkembang. Kemudian pada siklus III pada aspek antusias sejumlah 18 atau 85%, mengajukan pendapat sejumlah 19 atau 87%, dan minat belajar siswa sejumlah 20 atau 91% siswa meningkat minat belajarnya. Maka dari hasil yang telah diaparkan diatas dapat disimpulkan bahwa strategi bermain pasaran dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa kelas IV UPTD SDN Bandang Laok 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. Berdasarkan dari hasil kesimpulan ini dapat disarankan bahwa apabila guru mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika dapat menerapkan strategi bermain pasaran dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan.

References

Antawati, D. I. 2012. Membangun jiwa kewirausahaan pada anak usia dini dengan permainan tradisional pasaran. Journal. Majalah Ilmiah Ekonomi & Bisnis, 8 (1), 21-34.
Depdiknas, 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Ekayanto, Rachmad. 2011. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Quantum Learning Bagi Siswa Kelas IV di SDN Sidomulyo 08 Kecamatan Silo Jember Semester Dua Tahun 2011/2012. PTK Tidak Diterbitkan. Jember: SDN Sidomulyo 08.
Fauzan, Ahmad. 2001. Pengembangan Dan Implementasi Prototipe I Dan II Perangkat Pembelajaran Geometri Untuk Siswa Kelas 4 SD Menggunakan Pendekatan RME. Seminar Nasional Realistics Mathematics Education (RME). Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Surabaya.
Johar, Rahmah. 2001. Konstruktivisme Atau Realistik? Seminar Nasional Realistic Mathematics Education (RME). Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Surabaya.
Karpov, Y. 2005. The neo Vygotskyan approach to child development. Cambridge: Cambridge Universisity Press.
Moleong, Lexy. J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhsetyo, Gatot. 2001. Modul Matematika Bilangan Rasional (Bahan Inservice Training Kelompok Kerja Guru (KGG) Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Propinsi Jawa Timur 2001). Lembaga Pengkajian Agama Dan Masyarakat (LPAM) Surabaya.
Rini Utami. 2013. Penerapan Permainan Pasaran Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Aritmatika Sosial. 130 δELT∆, Vol. 1, No. 2, Juli 2013, hlm 131.
Santrock, J. W. 2002. Perkembangan masa hidup (A. Chusairi & J. Damanik, Penerj.). Jakarta:
Smith, P. K. 2010. Understanding children’s worlds: Children and play. United Kingdom: Wiley-Blackwell.
Sri Lestari. (2013). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika tentang Perkalian Melalui Batang Napier pada Siswa Kelas III B SDN Kembangbilo I Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2013/2014. PTK Tidak Diterbitkan. Tuban: SDN Kembangbilo I.
Suharta, I. Gusti Putu. 2001. Pembelajaran Pecahan Dalam Matematika Realistik. Seminar Nasional Realistic Mathematics Educations (RME). Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Surabaya.
Yuwono, Ipung. 2001. RME (Realistics Mathematics Education) Dan Hasil Studi Awal Implementasinya Di SLTP. Seminar Nasional Realistic Mathematics Education. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Surabaya.
Utami, R. 2013. Penerapan permainan pasaran dalam pembelajaran matematika materi pokok aritmatika sosial. Delta, 1 (2), 128-135.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Published
2022-06-30
Section
Articles