MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS IV DI UPTD SDN KOMPOL 3 GEGER BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Mochtar, S.Pd.SD
Keywords: Media puzzle, hasil belajar, siswa kelas IV

Abstract

Kemampuan memecahkan soal matematika menjadi bekal bagi siswa untuk mengatasi masalah dalam menjalani kehidupan. Operasi bilangan bulat adalah salah satu pelajaran yang dibahas di Sekolah Dasar tepatnya pada kelas IV. Oleh karena itu materi ini merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Namun kenyataan dilapangan terjadi tidak sesuai harapan. Hal tersebut diketahui dari pengamatan peneliti tentang operasi bilangan bulat di kelas IV UPTD SDN Kompol 3 Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan masih menggunakan metode ceramah. Pembelajaran semacam ini belum tentu dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam memahami materi pelajaran, karena pembelajaran terkesan sagat monoton, membosankan dan sangat tidak menyenangkan. Hasil evaluasi ditemukan bahwa dari sejumlah 22 siswa, ternyata hanya ada 2 orang atau berkisar 10% yang mendapatkan nilai diatas KKM, sedangkan sisa 20 siswa atau 90% mendapatkan nilai di bawah KKM yaitu kurang dari 65. Rendahnya kemampuan siswa dalam pelajaran matematika tentang operasi bilangan bulat ini merupakan masalah serius yang harus segera dipecahkan, karena akan memberi dampak buruk terhadap perkembangan hasil belajar siswa di kelas berikutnya. Berdasarkan hasil diatas, maka pembelajaran perlu diatasi dengan memperbaiki strategi pembelajaran. Upaya ini dilakukan dengan perbaikan melalui penggunaan media puzzle. Oleh karena itu penelitian ini berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dalam Operasi Bilangan Bulat Melalui Media Puzzle Pada Siswa Kelas IV UPTD SDN Kompol 3 Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2021/2022”. Penelitian in bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi bilangan bulat di kelas IV UPTD SDN Kompol 3 Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan melalui penggunaan media puzzle. Kemudian penelitian ini juga dapat mendiskripsikan pembelajaran yang menggunakan media Puzzle dalam materi operasi bilangan bulat. Adapun penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, dalam masing-masing siklus dilakukan satu kali pertemuan. Sedangkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada operasi bilangan bulat di kelas IV UPTD SDN Kompol 3 Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada setiap siklus, yaitu nilai rata-rata pada siklus I sebesar 66,36, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 75,45, selanjutnya meningkat lagi pada siklus III menjadi 86,13. Sedangkan secara klasikal juga mengalami peningkatan dari sebelum perbaikan berkisar 10% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 46%, pada siklus II meningkat menjadi 90%, dan dalam siklus III meningkat lagi menjadi 100%. Media puzzle juga dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di UPTD SDN Kompol 3 Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan pada materi operasi bilangan bulat, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kegiatan tanya jawab, mengerjakan soal ke depan kelas dan diskusi kelompok.Kata Kunci : Media Puzzle Positif negatif, Hasil belajar siswa.

References

Dahar, Ratna. 1996. Teori-teori belajar. Jakarta: Erlangga.

Danang Sucahyo. 2012. Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. JPGSD Volume 01 Nomor 02 Tahun 2013, 0-216. Diakses 23 September 2018.

Depdikbud. 1991. Petunjuk Pengajaran Berhitung Kelas IV. Jakarta: Depdikbud

Djoko Iswadi. 2003. Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika, dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Disertasi IKIP bandung. Tidak Diterbitkan.

Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta

Hudoyo, H. 1988. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan kelas. Surabaya. Usaha Nasional.

Rumakhit, Nur. 2010. Pengembangan Media Puzzle untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa Jenis Simbiosis dan Rantai Makanan. Jurnal Simki- pedagogja,vol 01 (2) : 6.

Sri Lestari. 2013. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika tentang Perkalian Melalui Batang Napier pada Siswa Kelas III SDN Kembangbilo I Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2013/2014. PTK Tidak Diterbitkan. Tuban: SDN Kembangbilo I.

Sri Utami. 2013. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Konsep Bangun Datar Melalui Model Realistic Mathematics Education Pada Siswa Kelas III SDN Tanen Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Tahun 2013. PTK Tidak Diterbitkan. Tulungagung: SDN Tanen.

Sugiarto dan Isti. 1999. Implementasi dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Bercirikan Pendayagunaan Alat Peraga di Kabupaten Semarang. (Penelitian Dosen Muda Tahap II). Semarang : IKIP Semarang.

Suyitno, Amin. 1997. Dasar-Dasar Proses Pembelajaran, Semarang : UNNES.

Wina, Sanjaya. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Prenada Media Group.

Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.

Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Published
2022-06-30
Section
Articles