MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI DIGITAL LEARNING SECARA SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS DI MASA COVID 19 PADA SISWA KELAS 5 SDN PENDABAH 2 KAMAL BANGKALAN

Authors

  • Mashuri, S.Pd. UPTD SD Negeri Pendabah 2 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan

Keywords:

Digital Learning, sychronous dan asynchronous, siswa, hasil

Abstract

Proses pembelajaran dalam kondisi pandemi covid 19 dituntut untuk terus berjalan. Kasus demi kasus menimpa masyarakat merupakan paranoid bagi dunia pendidikan. Untuk itu langkah kegiatan proses belajar mengajar di sekolah dilakukan dengan pembelajaran berbasis digital. Sehingga judul dari penelitian ini adalah “Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Digital Learning Secara Sychronous dan Asynchronous Di Masa Covid 19 Pada Siswa Kelas 5 SDN Pendabah 2 Kamal Bangkalan”. Adapun jumlah siswa kelas 5 terdiri dari 23. Sedangkan KKM kelas 5 dipatok dengan nilai 75. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus, yaitu siklus pertama dilaksanakan tanggal 16 Oktober, kedua tanggal 23 Oktober dan ketiga dilakukan tanggal 9 Nopember 2020. Dari hasil pengamatan yang dilakukan disetiap siklus mengalami peningkatan, yaitu dalam aspek pengetahuan mata pelajaran PKn terlihat siklus I mendapat nilai 72,9. Siklus II mendapat 86, 5. Selanjutnya siklus III mendapat nilai 91,7. Adapun mata pelajaran IPS terlihat siklus I mendapat nilai 71. Siklus II mendapat 87. Selanjutnya siklus III mendapat nilai 90. Sedangkan mata pelajaran Bhs. Indonesia terlihat siklus I mendapat nilai 72,6. Siklus II mendapat 83. Selanjutnya siklus III mendapat nilai 89. Dalam aspek keterampilan mata pelajaran PKn terlihat siklus I mendapat nilai 68,7. Siklus II mendapat 87,4. Selanjutnya siklus III mendapat nilai 89,6. Adapun mata pelajaran IPS terlihat siklus I mendapat nilai 63,9. Siklus II mendapat 85,7. Selanjutnya siklus III mendapat nilai 87,8. Sedangkan mata pelajaran Bhs. Indonesia terlihat siklus I mendapat nilai 65,2. Siklus II mendapat 88,7. Selanjutnya siklus III mendapat nilai 90. Jadi kesimpulannya, bahwa penerapan pembelajaran berbasis digital sychronous dan asynchronous dapat meningkatkan hasil belajar siswa di masa pandemi covid 19.

References

Ananda, Rusydi. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPPI.
Fitriani, Irfan Fauzi & Mia Z.S. 2020. Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid 19. Jurnal Pendidikan, (Online), Vol. 6. No.2.
Muchlisin Riadi. 2020. Pembelajaran Tematik (Pengertian, Karakteristik, Ciri, Jenis dan Langkah-langkahnya). https://www.kajianpustaka.com/2020/06/pembelajaran-tematik.html.
Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Ilmiah. Jawa Tengah: CV Sarnu.
Sayyidatul Khoiridah, dkk. 2020. Merdeka Berpikir. Surabaya: Unitomo Press.
Saifuddin. 2018. Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta:Deepublish.
Setianto, Benny D. 2020. Unika dalam Wacana Publik: Gegara Pan(dem)ik: Terhimpit untuk Melejit. Semarang: SCU Knowladge Media.
Dwi Siswoyo, dkk. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Yuliani, Winditiya. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Pandemi Covid 19. Jurnal IKA, (Online), Vol. 8, No 2.
UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles