KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI UPTD SDN MANDUNG 2 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • Siti Miarsih, S.Pd UPTD SDN Mandung 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Keywords:

kemampuan, mengelola, silabus dan RPP

Abstract

Kinerja guru dipengaruhi oleh hasil pembinaan dan supervisi kepala sekolah. Pelaksanaan kurikulum menuntut kemampuan baru pada guru untuk dapat mengelola pembelajaran secara efektif dan efisien. Namun berdasarkan hasil pengamatan peneliti terhadap kemampuan guru di UPTD SDN Mandung 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan tidak sesuai dengan apa yang direncakanan. Hal tersebut terjadi karena guru belum mampu mengembangkan silabus dan RPP untuk mengelola pembelajaran dengan baik. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti yang berkedudukan sebagai kepala sekolah melakukan supervisi akademik yang berkelanjutan pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Setelah kegiatan tersebut diharapkan guru mengembangkan silabus dan RPP dengan baik. Maka kemudian untuk mendukung supervisi akademik peneliti mengirim semua guru pada diklat KKG Guslah 4 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. Berdasarkan uraian tersebut maka kemudian penelitian ini berjudul “Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Pengelolaan Pembelajaran di UPTD SDN Mandung 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan”. Adapun hasil unjuk kerja guru dalam mengelola pembelajaran pada pembelajaran ke-1 dan ke-2, diketahui bahwa guru kelas satu sampai dengan guru kelas enam 100% guru mampu mengelola pembelajaran dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan profesional dalam memahami akademik, kehidupan kelas, keterampilan mengajar, melaksanakan tugas mengajar yang mendorong memiliki perhatian yang sungguh-sungguh terhadap tugas dan tanggungjawabnya, dan kemampuan mencapai tujuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa guru yang ada di UPTD SDN Mandung 2 Kecamatan Kokop mampu mengembangkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran secara efektif dan efisien. Dari hasil penelitian yang dilakukan di UPTD SDN Mandung 2 Kecamatan Kokop ini maka peneliti dapat memyarankan bahwa guru hendaknya mengikuti diklat KKG di tingkat Kecamatan, karena dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.

 

Kata kunci; , , .

References

Abdul Majid, 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ahmad Rofiqi. 2020. Manajemen Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kesadaran Siswa Untuk Mempertahankan Program Adiwiyata Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pamekasan. Jurnal : re-JIEM/Vol. 3 No.2 December 2020.
Badrud Tamam. 2020. Pengelolaan Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama Al-Faqihsumber Nyamplong Kowel Pamekasan. Jurnal : re-JIEM/Vol. 3 No.2 December 2020.
Balnadi Sutadipura. 1985. Aneka Problem Keguruan. Bandung: Angkasa.
Hasan Langgulung. 1991. Kreatifitas Dan Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al Husna.
Kurniawati Eni. 2009. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Dengan Pendekatan Tematis. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
Mulyasa. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sayadi. 2021. Pelatihan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaranharian Dalam Meningkatkan Kinerja Gurunonformal Di ?Korwil Bidang Pendidikankecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. Jurnal: re-JIEM/Vol. 4 No.1 June 2021 DOI: https://doi.org/10.19105/re-jiem.v4i1.4880.
Wardhatul Khomairah dan Siswanto. 2019. Kinerja Kepemimpinan Perempuan Dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan Di Smk Al-Mujtama’ Plakpak Pegantenan-Pamekasan. Jurnal: re-JIEM/Vol 2 No. 1 Juni 2019.
Zainal Arifin. 2020. Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik 1 Halaman Melalui Workshop Daring Dengan Variasi Model Jigsaw di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sekolah Dasar (SD) Negeri Genteng 2 Bangkalan. re-JIEM/Vol. 3No.2December2020.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles