PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN NILAI IPS TEMA “PERSATUAN DALAM PERBEDAAN” PADA SISWA KELAS VI SDN BATOKOROGAN 2 KOKOP BANGKALAN
Keywords:
media Pop Up Book, IPS, dan siswa kelas VIAbstract
Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang telah terjadi di UPTD SDN Batokorogan 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan, yaitu kurangnya pemahaman siswa pada materi pembelajaran, dan tidak adanya media yang mendukung dalam proses pembelajaran IPS kelas VI. Maka dilakukan penelitian dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media Pop Up Book. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan siswa pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas, pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran IPS mengalami peningkatan yang signifikan yang dibuktikan dengan hasil sebelum menggunakan media Pop Up Book pencapaian belajar siswa hanya diperoleh 35% siswa yang tuntas, kemudian naik pada silkus I menjadi 65% siswa, sealnjutnya terjadi peningkatan lagi pada siklus II menjadi 90% siswa tuntas belajar. Hal ini membuktikan dan menjadi dasar bahwa media Pop Up Book mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPS. Sehingga hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media Pop Up Book dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran IPS, media Pop Up Book juga sangat mendukung terhadap proses pembelajaran. Kemudian pihak sekolah disarankan untuk dapat berinovasi dalam pembuatan media pembelajaran yang lebih inovatif agar pembelajaran yang disampaikan dapat terealisasi dengan baik sesuai dengan harapan. Juga penggunaan media Pop Up Book a menjadi satu pilihan yang mudah dan kreatif agar menarik minat belajar siswa terhadap materi yang disampaikan.
Kata kunci : media Pop Up Book, , .
References
Dewanti, Handarun. 2019. Pengembangan media Pop Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN Pakunden Kabupaten Ponorogo. Diakses 13 april 2021. Portal Jurnal Elektronik UM.
Dzuanda. 2011. Design Pop Up Child Book Puppet Figures Series Gatotkaca. Jurnal Library ITS http://undergraduate.http//library.its.undergraduate.ac.id. Diunduh 24 April 2021.
Palazon. 2000. Maria. The Media and Transformative Learning. ERIC Database and Reproductions Supplied by EDRS.
Rahayu. 2012. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Kelas IV. Penelitian Tindakan Kelas Tidak Diterbitkan.
Rogers. 2003. Everett M. Diffusion of Innovations. New York:Free Press.
Salomon. 2009. Interaction of media, Cognition, and Learning. Hillsdale, NJ:Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Smaldino. 2008. Sharon E., Lowther, Deborah L., dan Russell, James D. Instructional Technology and Media for Learning. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson.
Suharsimi, Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Tisna Umi Hanifah. 2014. Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen Di Tk Negeri Pembina Bulu Temanggung). BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 46-54.
Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Yaumi, M., Damopolii, M., & S.Sirate, S. F. 2016. Modul Teknologi Pendidikan: Integrasi Pembelajaran Blended dalam Mata Kuliah Umum dan Matematika. Makassar: LP2M UIN Alauddin.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.