PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DENGAN MEDIA ROPUTAR BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI BANDA SOLEH 1 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Keywords:
Matematika, media roputar, dan siswa kelas VAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V UPTD SD Negeri Banda Soleh 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran 2020/2021. Sesuai dengan temuan awal diketahui bahwa sejumlah 52% atau sebanyak 13 siswa belum memenuhi capaian KKM. Dan sejumlah 60% atau sebanyak 15 siswa belum aktif dan disiplin dalam pembelajaran matematika. Maka sesuai dengan temuan tersebut kemudian dilakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Dengan Media Roputar Siswa Kelas V SD Negeri Banda Soleh 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2020/2021”. Adapun hasil dari penelitian tersebut terlihat adanya peningkatan yang signifikan, karena awalnya hanya sejumlah 32% atau sebanyak 8 siswa yang memenuhi KKM, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 48% siswa tuntas belajar, kemudian meningkat lagi pada siklus II yaitu sejumlah 96% siswa mendapat nilai diatas KKM. Kemudian dalam keaktifan dan kedisiplinan siswa pada temuan awal hanya 28% atau berkisar 7 siswa yang aktif dan disiplin, kemudian pada siklus I sedikit ada peningkatan yang terlihat 40% atau 10 siswa kelihatan aktif dan disiplin, sedangkan pada siklus II meningkat lagi yang terlihat dengan persentase 97% atau sebanyak 24 siswa aktif dan disiplin. Maka berdasar hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media roputar dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan serta kedisiplinan siswa Kelas V SD Negeri Banda Soleh 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian tersebut maka dapat disarankan bahwa hendaknya guru menerapkan media roputar dalam proses pembelajaran matematika karena telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan serta kedisiplinan siswa.
References
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Badan Standar Nasional Pendidikan: Jakarta.
Edi Susanto. 2019. Perankepala Sekolah Dalam Membentuk Budaya Islami di MA Nasyatul Muta’allimin I Gapura Timur, Sumenep. Jurnal: re-JIEM 44ISSN 2654-729.
Fatimah, Siti. 2009. Matematika Asyik dengan Metode Pemodelan. Bandung: Mizan
Kokasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajarn. Bandung: Penerbit: Yrama Widya.
Mohammad Muchlis Solichin. 2019. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Islam Moderat di Perguruan Tinggi Islam (Studi AtasInstitute Agama Islam Negeri Madura). Jurnal: re-JIEM 44ISSN 2654-729.
Nurhadi, A., & Irfaida, I. (2018). Kerja Sama Kelembagaan Pada Madrasah Adiwiyata Di Mts Negeri 2 Pamekasan. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 1(2), 1-13.
Saiful Hadi. 2019. Pengelolaan Kegiatan Ekstra Kurikulerdalam Upaya Pengembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di MA Sumber Bungur Pakong. Jurnal: re-JIEM 44ISSN 2654-729.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suwantoro. 2019. Manajemen Pendidikan Strategis Dalam Mengem-bangkan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Nurul Mannan Desa Banjar Barat Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Jurnal: re-JIEM/Vol 2 No. 1 Juni 2019.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.