PENGGUNAAN MEDIA PAPESU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DALAM BERHITUNG SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR UPTD SDN BANDANG LAOK 1 KOKOP BANGKALAN

Authors

  • Siti Um Maisaro UPTD SDN Bandang Laok 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Keywords:

media papesu, pengurangan, dan siswa kelas 1

Abstract

Pembelajaran adalah suatu sistem atau proses membelajarkan subjek didik/pembelajar yang direncanakan atau didesain, dilaksanakan, dan dievaluasi secara sistematis agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Kemudian hasil penilaian harian UPTD SDN Bandang Laok 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan pada kelas I tahun pelajaran 2020/2021 diketahui sebesar 70% masih kesulitan dalam melakukan operasi pengurangan. Oleh sebab itu penelitian ini fokus pada materi pengurangan. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan minat belajar siswa adalah pemanfaatan metode pembelajaran yang bervariatif. Merujuk pada permasalahan ini peneliti mengusulkan sebuah gagasan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan penerapan media PaPeSu. Oleh sebab itu penelitian ini berjudul “Penggunaan Media Papesu Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Siswa Kelas I Sekolah Dasar UPTD SD Negeri Bandang Laok 1 Kokop Bangkalan”. Ternyata Penggunaan media PaPeSu ini dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam melakukan operasi pengurangan pada mata pelajaran matematika di kelas I. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase keberhasilan pretest sebelum penerapan media PaPeSu diperoleh sebesar 30% atau 7 dari 23 jumlah siswa kelas I. Sedangkan persentase keberhasilan posttest setelah penerapan media PaPeSu meningkat menjadi 91% atau sejumlah 21 siswa tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran PaPeSu dapat meningkatkan pemahaman kemampuan berhitung pengurangan siswa kelas I UPTD SDN Bandang Laok 1 Kecamatan Kokop. Kemudian disarankan untuk saling koordinasi antara guru yang satu dengan yang lain dalam menciptakan media pembelajaran yang lebih menarik, inovatif, dan kreatif untuk menjamin mutu pendidikan nasional. Kemudian juga media PaPeSu ini dapat digunakan di sekolah-sekolah lain.

References

Hamalik Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Najib Sulhan. 2006. Pembangunan Karakter pada Anak Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif. Surabaya: Intlektual Club.
Nurhadi Ali. 2016. Profesi Keguruan Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan: Goresan Pena.
Sardiman. 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sri Lestari. 2013. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika tentang Perkalian Melalui Batang Napier pada Siswa Kelas IIIB SDN Kembangbilo I Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2013/2014. PTK Tidak Diterbitkan. Tuban: SDN Kembangbilo I.
Sri Utami. 2013. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Konsep Bangun Datar Melalui Model Realistic Mathematics Education Pada Siswa Kelas IIIB SDN Tanen Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Tahun 2013. PTK Tidak Diterbitkan. Tulungagung: SDN Tanen.
Suti’ah. 2003. Buku Ajar Teori Belajar dan Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.
Umi Machmudah dan Muntari. 2005. Sains dan Teknologi vol.6 No. 2. UIN Malang. Ulul Albab Jurnal Studi Islam.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles