MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI DURJAN 2 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN
Keywords:
pendidikan, perkalianAbstract
Proses pendidikan diaktualisasikan dalam bentuk kegiatan belajar mengajar di sekolah yang terdiri dari berbagai mata pelajaran, salah satunya matematika. Berdasarkan hasil observasi peneliti sejak bulan januari 2021 selaku wali kelas V di UPTD SD Negeri Durjan 2 bahwa belajar perkalian termasuk topik yang sulit untuk dipahami dan dikerjakan siswa. Hal tersebut menjadi permasalahan tersendiri bagi proses belajar mengajar di UPTD SDN Durjan 2. Maka berdasar-kan kenyataan tersebut dapat dikatakan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan untuk memecahkan masalah perkalian sehingga nilai siswa dalam mata pelajaran matematika jauh dibawah KKM yang dipatok 65. Berdasarkan temuan tersebut maka dilakukan penelitian dengan judul “Meningkatkan Pemahaman Matematika Melalui Penerapan Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas V UPTD SD Negeri Durjan 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan”. Hasil pretest dalam pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode jarimatika, diketahui bahwa pemahaman dan kemampuan siswa dalam belajar perkalian dasar masih butuh peningkatan. Hal tersebut terlihat hasil belajar yang diperoleh, yaitu dari 15 jumlah keseluruhan siswa terlihat sebanyak 46 % atau 7 siswa tuntas. Sedangkan yang 54% atau 8 siswa belum tuntas belajar. Kamudian diadakan perbaikan melalui 3 pertemuan atau pembelajaran yang dilanjut dengan postets. Adapun hasil postest diketahui bahwa siswa yang memperoleh nilai diatas KKM mengalami peningkatan, yaitu menjadi 80% siswa tuntas belajar, sedangkan yang 20% saja yang belum tuntas. Maka dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode jarimatika berhasil meningkatkan kemampuan peserta didik. Oleh karena itu guru diharapkan menggunakan media pembelajaran jarimatika untuk membantu siswa mencapai tujuan. Sekolah hendaknya memberikan dukungan terhadap guru untuk mengembangkan metode dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas pendidikan. Peserta didik diharapkan tidak takut lagi dengan mata pelajaran matematika.
References
Badrud Tamam. 2020. Pengelolaan Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama Al-Faqihsumber Nyamplong Kowel Pamekasan. Jurnal : re-JIEM/Vol. 3 No.2 December 2020.
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Dini Afriani. 2019. Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education. Volume 02 Number 05, September 2019. 192. E-ISSN: 2614-4093. P-ISSN: 2614-4085.
Dwi Sunar Prasetyono. 2008. Memahami Jarimatika Untuk Pemula. Yogyakarta: Diva Press.
Nurhadi, Ali. 2016. Profesi Keguruan Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan: Goresan Pena.
Sri Lestari. 2013. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika tentang Perkalian Melalui Batang Napier pada Siswa Kelas IIIB SDN Kembangbilo I Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2013/2014. PTK Tidak Diterbitkan. Tuban: SDN Kembangbilo I.
Sri Utami. 2013. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Konsep Bangun Datar Melalui Model Realistic Mathematics Education Pada Siswa Kelas IIIB SDN Tanen Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Tahun 2013. PTK Tidak Diterbitkan. Tulungagung: SDN Tanen.
Wina Sanjaya. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.