PENERAPAN MADAYA (MADING BUDAYA) SEBAGAI MEDIA BACA DAN KARYA TULIS PESERTA DIDIK KELAS IV DI UPTD SD NEGERI MANOAN 3 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN
Keywords:
gemar membaca, Mading Budaya, dan siswaAbstract
Kenyataan yang terjadi di UPTD SD Negeri Manoan 3 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan terdapat beberapa peserta didik yang masih belum menunjukkan ketertarikan pada aktifitas gemar membaca, hal tersebut tercermin dari sikap saat pembelajaran berlangsung. Yaitu dari 16 jumlah siswa hanya ada 6 atau 38% siswa yang gemar membaca, sedangkan yang 10 atau 62% tidak gemar membaca. Untuk mengatasi hal tesebut dilakukan penelitianuntuk meningkatkan perilaku gemar membaca. Maka penelitian ini berjudul “Penerapan Madaya (Mading Budaya) sebagai Media Baca dan Karya Tulis Peserta Didik kelas IV di UPTD SD Negeri Manoan 3 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan”. Adapun hasil diperoleh bahwa 15 dari 16 peserta didik mengalami peningkatan perilaku gemar membaca melalui Mading Budaya. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil yang terlihat 57% atau sejumlah 9 siswa mulai berperilaku gemar membaca pada pelaksanaan pretes. Kemudian berdasarkan hasil postest dapat dilihat bahwa perilaku gemar membaca peserta didik kelas IV semakin meningkat. Hal tesebut terlihat dari sebanyak 16 siswa, maka terdapat 14 atau 90% siswa berperilaku gemar membaca setelah diterapkannya mading budaya berbentuk perahu golek. Berdasarkan hasil pembahasan. bahwa penggunaan media pembelajaran Mading Budaya terbukti meningkatkan perilaku gemar membaca peserta didik. Maka berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa media Mading Budaya dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah, karena telah terbukti dapat meningkatkan perilaku gemar membaca peserta didik. Sekolah hendaknya memfasilitasi sarana pembelajaran, agar dapat meningkatkan pelayanan terhadap siswa sesuai dengan visi dan misi sekolah. Guru disarankan untuk menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik untuk membantu siswa mencapai pembelajaran. Orang tua juga disarankan untuk memberi dukungan terhadap tumbuh kembangnya membaca anak di rumah. Selain itu dengan seringnya kegiatan membaca di rumah maka dapat membantu anak lebih cepat menguasai kemampuan membaca di sekolah.
References
Anwar. 1997. Pelaksanaan Latihan Membaca Permulaan di SDN Kotamadya Banjarmasin. Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: PPS IKIP Malang.
Diyasika Ulinafiah. 2019. Penciptaan Layanan Prima Melalui Penerapansistem Informasi Manajemen Di Perpustakaan IAIN Purwokerto. Jurnal: re-JIEM/Vol. 2No.2 Dec.2019.
Finandri. 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Pemanfaatan Majalah Dinding dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo. Skripsi Pendidikan. IAIN Salatiga.
Matlin. 1998. Cognition. New York: Harcourt Brace College Publisher.
Mohammad Hidayatul Ahsan. 2019. Strategi Persuasif Dalam Pengembangan Hubungan Sosial Religius Antara Siswa dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan MTSN 2 Pamekasan. Jurnal: re-JIEM/Vol. 2No.2 Dec.2019DOI10.19105.
Mudiono. 2000. Kemampuan Guru dalam Pembelajaran Baca Tulis Permulaan di SD dalam Jurnal Ilmu Pendidikan. Jurnal Filsafat: Teori dan Praktik Kependidikan.
Nisrina. 2000. Pembelajaran Membaca Permulaan melalui Permainan Bahasa di Kelas 1 SD. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS UM.
Nurhadi, A., Mubah, H. Q., & Wafi, A. (2020). Penguatan Kompetensi Menulis Artikel dan Mengelola Jurnal di Bidang Pendidikan bagi Guru Madrasah, SDI, dan SD di Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 2(2), 111-124.
Sugiarti. 2018. Pengaruh Faktor Partisipasi Masyarakat dalam Program Kampung Literasi terhadap Perilaku Gemar Membaca. Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahim. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmawati. 2017. Strategi pembelajaran membaca dan menulis permulaan Melalui media kata bergambar. Jurnal SAP Vol. 1 No. 3 April 2017 p-ISSN: 2527-967X e-ISSN: 2549-2845.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.