MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMSUTA PADA SISWA KELAS 1 UPTD SDN DUPOK 2 KOKOP BANGKALAN
Keywords:
membaca, gamsuta, dan kelas 1Abstract
Dampak pandemi Covid 19 tidak hanya dirasakan sekolah-sekolah kota besar. Namun dampak buruk pandemi juga sangat terasa di UPTD SDN Dupok 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan sebagai tempat peneliti mengajar. Banyak siswa yang harus rela belajar dari rumah melalui sistem daring. Akan tetapi kondisi ini justru membuat siswa mengalami penurunan hasil belajar. Permasalahan ini dialami siswa kelas 1 yang masih belum mengenal huruf dan masih dalam tarap belajar mengeja setiap huruf. Padahal membaca merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh siswa kelas 1. Hal tersebut terjadi kaena siswa mengalami kesulitan dalam proses penyerapan informasi dan proses pembelajaran kurang efektif yang dilakukan secara daring. Sebagian besar siswa tidak memiliki handphone sehingga proses pembelajaran tidak optimal. Oleh sebab itu peneliti berupaya mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan media pembelajaran “Gamsuta” sebagai solusi pemecahan masalah. Media pembelajaran Gamsuta merupakan media belajar yang menggabungkan gambar susunan huruf, suku kata, dan kata. Kemudian pelaksanaan kegiatan pembelajaran Gamsuta adalah sistim tatap muka keliling pada setiap kelompok di wilayah rumah siswa terdekat yang telah menjadi anggota kelompok belajar. Dan ternyata siswa menjadi lebih tertarik untuk belajar membaca, serta aktif dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media “Gamsuta” ternyata dapat meningkatkan belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan kemampuan membaca selama pembelajaran. Yaitu kemampuan membaca huruf siswa dari pembelajaran ke-1 hingga pembelajaran ke-3 meningkat berkisar 48%. Sedangkan pada membaca suku kata terdapat peningkatan disetiap pembelajaran, dimana pada kegiatan pretest diketahui hanya sejumlah 25% siswa yang terpenuhi, kemudian pada postest pembelajaran ke-1 hingga pembelajaran ke-3 meningkat mencapai 69%. Kemudian pada membaca kata dalam pretest diketahui 29% selanjutnya pada pembelajaran ke-1 hingga pembelajaran ke-3 meningkat mencapai 61%. Maka dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penggunaan media pembelajaran gamsuta dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 UPTD SD Negeri Dupok 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan.
References
Indrayani, Avivtin Oktayani. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Flash Card Siswa Kelas I SDN Surokarsan 2 Yogyakarta. Skripsi. Tidak diterbitkan, Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Yogyakarta.
Mohammad Hidayatul Ahsan. 2019. Strategi Persuasif Dalam Pengembangan Hubungan Sosial Religius Antara Siswa dan Tenaga Kependidikan di Lingkungan MTSN 2 Pamekasan. Jurnal: re-JIEM/Vol. 2No.2 Dec.2019DOI10.19105.
M. Gerzon. 2012. Global Citizen. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Nana Sujana. 2003. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan: Goresan Pena.
Purwanto, Antonius. 2021. Ekonomi dunia di masa pandemic covid 19 : dari dampak hingga proyeksi pertumbuhan 2021-2022. Kompaspedia.
Rizki Nurmansyah dan Yaumal Asri. 2021. Angka Kekerasan Ibu terhadap Anak naik selama Pandemi, KPAI dukung PTM digelar. Suara .com . 5 Juni 2021 UU No. 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen.
Romlah Tetik. 2006. Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sitti Hartinah. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.
Subakir. 2019. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di UPTD SDN Keleyan 1 Kecamatan Socah Melalui Setrategi Sopimesem. Jurnal: re-JIEM/Vol. 2No.2 Dec.2019DOI10.19105.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.