PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI TEMA 4 “SEHAT ITU PENTING” DI UPTD SD NEGERI BATOKOROGAN 1 KOKOP BANGKALAN

  • Ach. Sahid, S. Pd. SD. M.Pd. UPTD SD Negeri Batokorogan 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan
Keywords: Power Point, aspek, dan belajar siswa

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah saat ini banyak kesulitan terutama dalam ketidak lancaran komunikasi yang berakibat tersendat pada pesan yang ingin disampaikan. Kemudian guru dapat memperkaya pengalaman belajar dengan kreasi dalam bentuk kegiatan lain yang relevan disesuaikan dengan potensi siswa. Maka peneliti menawarkan penggunaan media Power Point sebagai media pembelajaran. Berdasarkan persetujuan kepala sekolah kemudian dilakukan penelitian tindakan kelas berjudul “Penggunaan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Tema 4 “Sehat Itu Penting” di UPTD SD Negeri Batokorogan 1 Kokop Bangkalan. Maka bedasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Keberhasilan ditunjukkan Keberhasilan ditunjukkan dengan adanya kemajuan dari aspek-aspek yang diamati, baik secara persentase maupun secara individu, yaitu aspek memahami makna pada siklus I berkisar 40%, naik di siklus II yang berkisar 65%, sedangkan pada siklus III diketahui 86%. Adapun aspek menganalisis bentuk-bentuk interaksi pada siklus I terlihat 45%, pada siklus II naik 85%, sedangkan pada siklus III naik lagi hingga 95% anak. Adapun pada aspek menggali isi dan amanat pada siklus I diketahui sekitar 40%, sedangkan pada siklus II terlihat sejumlah 80%, sedangkan pada siklus III naik 86%. Sedangkan dalam aspek menyajikan hasil analisis pada siklus I terdapat 40%, pada siklus II terdapat 65%, sedangkan siklus III terdapat 95% anak. Sedangkan pada aspek melisankan pantun pada siklus I berkisar 50%, pada siklus II terdapat sejumlah 65%, adapun pada siklus III terlihat sejumlah 95% meningkat. Adapun hasil niali dari kategori pengetahun siswa secara individu dapat diketahui pada siklus I masing-masing individu hanya 21% tuntas, pada siklus II berkisar 43% tuntas, sedangkan pada siklus III terlihat 100% siswa tuntas belajar. Selanjutnya hasil pengamatan kedisiplinan dan keaktifan siswa pada siklus I berkisar 30%, pada siklus II berkisar 64%, dan pada siklus III naik yang berkisar 93% disiplin. Sedangkan dari sisi keaktifan siswa pada siklus I berkisar 36%, pada siklus II  berkisar 70%, dan pada siklus III seluruh siswa atau 100% siswa lebih aktif. Berdasarkan hasil uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa, baik secara persentase maupun secara individu. juga dapat meningkatkan kedisiplinan dan keaktifan siswa karena telah terbukti dengan hasil yang  signifikan.

 

Kata Kunci : , , dan belajar siswa.

References

Ari Subekti. 2017. Sehat itu Penting/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Edisi Revisi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S.2006. Prosedur Penelitian Pendekatan praktik. Jakarta: PT. Renika Cipta Depdiknas ( 2008 ). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kelas IV.
Astuti, Sylvi, Meiria. “PENINGKATAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 SDN SLUNGKEP 03 MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING.” Scholaria 5, no. 1 (2015). 10-23
Dimyati, Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hasibuan, J.J, Mudjiono (1988). Proses Belajar Mengajar. Bandung : CV. Remaja Karya.
Jamhuri, Zuhud. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Jusuf. 1985. Metode-Metode Mengajar. Bandung: Aksara.
Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo.
Mulyasa, E .2005. Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja RoSekolah Dasar (SD).
Muhadjir, Noeng . 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Rofiatun, Mohammad Thoha. 2019. “MANAJEMEN PEMBINAAN KEDISIPLINAN SANTRI DALAM MENGIKUTI KEGIATAN KEAGAMAAN DI PONDOK PESANTREN NURUS SHIBYAN AMBAT TLANAKAN PAMEKASAN.” Jurnal :re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 2, no. 2. 201-215
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Published
2020-06-30
Section
Articles