Peningkatan Minat Baca Siswa Dengan Penggunaan Media Big Book Di Kelas II UPTD SD Negeri Amparaan 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan.

  • Kiki Riskiandini Sutopo, S.Pd UPTD SD Negeri Amparaan 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan
Keywords: media Big Book, membaca, dan siswa

Abstract

Membaca merupakan salah satu langkah yang sangat menentukan berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar yang diharapkan. Namun guru seringkali dihadapkan pada anak yang mengalami kesulitan membaca, baik berkenaan dengan huruf, suku kata, kalimat sederhana, maupun anak yang belum memahami isi bacaan. Hal tersebut juga terjadi di UPTD SD Negeri Amparaan 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan sehingga minat belajar siswa rendah, yaitu hanya berkisar 30% atau 7 siswa saja yang berminat terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Kejadian tersebut dikarenakan siswa sangat kurang konsentrasi, kurang percaya diri, dan tidak bisa bersosialisasi dengan baik. Kondisi kemampuan siswa sangat memprihatinkan harus dicarikan solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut. Maka peneliti mempunyai gagasan untuk melakukan pembelajaran dengan penggunaan media alternatif. Salah satu media alternatif tersebut adalah penggunaan media Big Book untuk meningkatkan minat belajar siswa. Maka pembelajaran membaca dengan menggunakan media Big Book ini dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil yang diperoleh dari siklus ke siklus. Kemudian dalam siklus I dengan mencapai nilai yang signifikan yaitu hasil evaluasi sebelum menggunakan media Big Book minat baca siswa diketahui hanya 30%, akan tetapi setelah peneliti menggunakan media Big Book pada siklus I menjadi 46% minat baca siswa lebih meningkat, kemudian pada siklus II menjadi meningkat 85% minat belajar siswa lebih meningkat lagi, hal tersebut membuktikan bahwa media Big Book dapat meningkatkan belajar siswa. Oleh karena itu eavaluasi ini menjadi dasar untuk menghentikan tindakan.

References

Andriani, Septi dan Elhefni. 2015. Pembelajara Membaca Permulaan Melalui Metode Eja Bagi Siswa Berkesulitan Membaca (Studi Kasus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III Madrasah Intidaiyah Quraniah VIII Palembang). 1: 153.
Arif Sadiman, dkk. 2003. Media Pengajaran: Pengertian, Pengembangan, Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.
Arif Sadiman, dkk. 1993. Media Pengajaran: Pengertian, Pengembangan, Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.
Arikunto, dkk. 2008. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Azhar Arsyad. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.
Dendy Sugono. 2011. MEMBANGUN KARAKTER BANGSA MELALUI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA (National Character Consruct Through Bahasa Indonesia Education). Jurnal : Sawerigading. 17 (2) 157-168
Desni Humaira. 2012. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III DI SLB SABILUNA PARIAMAN. E-JUPEKhu : (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS). 1 (3) 95-109
Hasan Baharun, Robiatul Awwaliyah. 2018. PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PERSPEKTIF EPISTEMOLOGI ISLAM. Jurnal Program Studi PGMI: MODELING. 5 (1) 58-71
Lexy J. Moeloeng. 2002. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offset.
Mudiono, Alif. 2000. Kemampuan Guru dalam Pembelajaran Baca Tulis Permulaan di SD dalam Jurnal Ilmu Pendidikan: Jurnal Filsafat, Teori dan Praktik Kependidikan. Tahun 27 Nomor 2 Juli. Malang: FIP UM.
Oktavianus. 2013. BAHASA YANG MEMBENTUK JATI DIRI DAN KARAKTER BANGSA. Journal : Arbitrer. 1 (1): 68-74
Sahalessy, A. 1998. Masalah-masalah Belajar Abad 21: Tinjauan Pendayagunaan Teknologi Informasi.
Suharsimi, Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Winarno Surachmad. 1976. Dasar dan Tehnik Research. Bandung: CV. Tarsito.
Zuhairimi dkk. 1993. Metodelogi Pendidikan Agama. Solo: Radhani.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Published
2020-06-30
Section
Articles