Penerapan Media Barang Bekas Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V di UPTD SD Negeri Amparaan 1 Kecamatan Kokop.

  • Yeni Fatmawati, S. Pd. SD UPTD SD Negeri Amparaan 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan
Keywords: barang bekas, matematika dan siswa

Abstract

Berangkat dari permasalahan kurangnya minat siswa belajar matematika kelas V di UPTD SDN Amparaan 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan, kemudian peneliti mempunyai ide untuk menyelesaikan dengan menggunakan media barang bekas. Setelah mendapat persetujuan kepala sekolah, maka kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran barang bekas dilakukan. Ternyata siswa lebih aktif, kreatif dan disiplin serta senang belajar matematika setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan media dari barang bekas. Juga wali murid ikut berperan dalam memfasilitasi keterlaksanaan pembelajaran, guru juga lebih kreatif dalam menyelenggarakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan sehingga tujuan pada kegiatan ini tercapai. Adapun hasil pelaksanaan pembelajaran dapat dilihat dari kondisi perubahan, yaitu dari pertemuan pertama pada siklus I diketahui bahwa minat siswa terhadap belajar matematika masih rendah. Hal tersebut terlihat dari 19 siswa pada siklus I ini hanya ada 2 siswa yang memenuhi KKM, sedangkan yang 17 anak tidak mendapat nilai di bawah KKM. Yang mana KKM dipatok dengan nilai70. Sedangkan yang mendapat nilai 70 hanya ada 2 siswa. Namun ketika pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan signifikan. Hal tersebut diketahui bahwa dari 19 dari jumlah siswa keseluruhan sejumlah 18 siswa minat belajar terhadap matematika meningkat, dan hanya 1 anak saja yang di bawah KKM. Yang artinya 18 siswa mendapat nilai diatas 70. Keberhasilan ini sangat memuaskan mencapai hingga 95%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan media barang bekas untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa membawa dampak yang sangat besar. Maka dengan hasil yang memuaskan siklus dihentikan.

 

References

Ali Moh. 2002. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Makalah disampaikan dalam Seminar Pendidikan.
Atik Zaenab. “KEGIATAN MONITORING TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KINERJA GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI UPTD SDN BANCARAN 4 KECAMATAN BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN TAHUN 2019/2020. Jurnal: re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management). 2 no.2 (2019). 266-277
Depdiknas, 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Ekayanto, Rachmad. 2011. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Quantum Learning Bagi Siswa Kelas IV di SDN Sidomulyo 08 Kecamatan Silo Jember Semester Dua Tahun 2011/2012. PTK Tidak Diterbitkan. Jember: SDN Sidomulyo 08.
Lestari, Sri. 2013. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika tentang Perkalian Melalui Batang Napier pada Siswa Kelas III SDN Kembangbilo I Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2013/2014. PTK Tidak Diterbitkan. Tuban: SDN Kembangbilo I.
Sardiman 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Indonesia. Jakarta : Dep. Pendidikan Matematika.
Utami, Sri. 2013. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Konsep Bangun Datar Melalui Model Realistic Mathematics Education Pada Siswa Kelas III SDN Tanen Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Tahun 2013. PTK Tidak Diterbitkan. Tulungagung: SDN Tanen.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Published
2020-06-30
Section
Articles