MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MELALUI GERAKAN LITERASI BERBASIS KOMIK DIGITAL KELAS V UPTD SD NEGERI TRAMOK 2 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN

  • Leo Wahyudi, S.Pd UPTD SD Negeri Tramok 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan
Keywords: Minat baca, komikl, dan siswa

Abstract

Guru seringkali dihadapkan pada anak yang mengalami kesulitan membaca, baik berkenaan dengan huruf, suku kata, kalimat sederhana, maupun anak yang belum memahami isi bacaan. Hal tersebut terjadi di UPTD SD Negeri Tramok 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan, kejadian tersebut dikarenakan siswa sangat kurang memiliki minat baca, kurang konsentrasi, kurang percaya diri, dan tidak bisa bersosialisasi dengan baik. Kegiatan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan seting perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini merupakan upaya menyelesaikan masalah yang ada di UPTD SD Negeri Tramok 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan yang salah satunya adalah kurangnya minat baca siswa. Maka  peneliti sebagai guru kelasnya ingin mengajak siswa lebih aktif terhadap membaca melalui gerakan literasi berbasis komik digital. Maka dilakukan penelitian tindakan kelas yang berjudul “Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Gerakan Literasi Berbasis Komik Digital Kelas V UPTD SD Negeri Tramok 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan”. Adapun hasil dari kegiatan penelitian yang dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan April 2021 telah meningkatkan minat baca siswa dengan bukti sebelum tindakan hanya 18% atau sekitar 7 anak menjadi 39% atau sekitar 15 siswa mulai berminat terhadap membaca pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat dengan pesat yaitu dari 39% pada siklus I menjadi 95% atau 36 siswa berminat membaca pada siklus II. Yang artinya dari sebelum dan sesudah tindakan siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 77% memenuhi kriteria.

References

Andriani. 2015. Pengertian pendidikan dan pekerjaan. (Online), (http://www.makalah-pengertian-pendidikan-dan-pekerjaanaan.com, diakses tanggal 18 Mei 2021).
Combs, Martha. 1996. Development Competence Readers and Writers in The Primary Grades. Englewood Cliff, N.J: Prentice Hall, Inc.
Dalman. 2014. Keterampilan membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Gumelar, M.S. 2011. Comic Making-Cara Membuat Komik. Jakarta: Indeks.
Kurt Lewin M. Keller. 1992. Instruktional Design Theory and Models: An Overview of Their Current Status, Charles M. Regeluth (ed), Lawrence Erlbaum Associates, London.
Maharsi Indiria. 2010. Komik Dunia Kreatif Tanpa Batas. Yogyakarta: Kata Buku.
Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Nurhadi, A., Mubah, H. Q., & Wafi, A. (2020). Penguatan Kompetensi Menulis Artikel dan Mengelola Jurnal di Bidang Pendidikan bagi Guru Madrasah, SDI, dan SD di Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 2(2), 111-124.
Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti.
Syafi’ie, Imam. 1994. Pengajaran membaca terpadu. Bahan kursus pendalaman materi guru inti PKG bahasa dan sastra Indonesia. Malang: IKIP.
Tarigan, H. G. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Undang-undang Nomor 3 tahun 2017 tentang system perbukuan.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Published
2020-06-30
Section
Articles