MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN MUTU GURU MELALUI PELATIHAN MEMBUAT RPP DI UPTD SDN BANYUAJUH 4 KECAMATAN KAMAL KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Isa Ansori, S.Pd UPTD SDN Banyuajuh 4 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan
Keywords: RPP, guru, dan pelatihan

Abstract

RPP adalah salah satu rencana pelaksanaan pembelajaran yang harus dikembangkan secara rinci yang mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru serta referensi lain yang mendukung. Jenis tindakan dalam pelatihan ini adalah PTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan membuat RPP adalah baik. Maka disimpulkan guru telah mampu menyusun RPP dengan baik dan benar. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya dari siklus ke siklus dalam masing-masing aspek. Yaitu pada prasiklus aspek mencantumkan indentias mendapat nilai 77 persentase 43% terpenuhi, silkus I nilai 82 persentase 72%, siklus II nilai 87 persentase 100%. Aspek mencantumkan tujuan pembelajaran nilai prasiklus nilai 77 persentase 58%, siklus I nilai 82 persentase 72%, siklus II nilai 86 persentase 100%. Aspek mencantumkan materi pembelajaran mendapat nilai 80 persentase 72% terpenuhi, siklus I nilai 84 persentase 86%, siklus II nilai 89 persentase 100%. Pada aspek mencantumkan metode pembelajaran nilai prasiklus 76 persentase 43%, siklus I nilai 81 persentase 72%, siklus II nilai 86 persentase 100%. Adapun aspek mencantumkan langkah-langkah kegiatan pembelajaran nilai prasiklus 79 persentase 77%, siklus I nilai 82 persentase 86%, siklus II nilai 87 persentase 100%. Pada aspek mancantumkan sumber belajar mendapat nilai 76 persentase 29%, siklus I nilai 80 persentase 72%, siklus II nilai 85 persentase 100%. Aspek mencantumkan penilaian mendapat nilai prasiklus 79 persentase 58%, siklus I nilai 80 persentase 86%, siklus II nilai 89 persentase 100%. sedangkan secara individu pada prasiklus guru memenuhi kriteria hanya 1 orang, siklus I sebanyak 6 guru, dan siklus II sebanyak 7 mendapat nilai rata-rata 84 hingga 90 dan persentase 100% guru memenuhi kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) tentang menyusun RPP melalui pelatihan adalah baik, oleh karena itu maka disimpulkan bahwa guru mampu menyusun aspek-aspek pembuatan RPP dengan baik dan benar. Pelatihan membuat RPP dapat meningkatkan kinerja guru UPTD SDN Banyuajuh 4 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan pada tahun ajaran 2019/2020. Oleh karena itu pelatihan membuat RPP dihentikan.

 

References

Amin, S., & Nurhadi, A. (2020). Urgensi Analisis Kebutuhan Diklat Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pai Dan Budi Pekerti. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 83-100.
Nainggolan, H. 2006. Peningkatan kinerja penilik PNFI untuk pemberdayaan program PNFI di asahan. Warta Plus Edisi Juni 2006. Jakarta: Depdiknas.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wayan, AS., I. 2010. Akuntabilitas Kinerja Kepala Sekolah Dan Penelitian Tindakan Sekolah Untuk Kepala Sekolah Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaran Serta Bahan Belajar Mandiri Dimensi Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Az-Zahra Books.
Sanapiyah Faisal. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Soetjipto dan Raflis Kosasi.1999. Profesi Keguruan. Rineka Cipta. Jakarta.
Suyadi, 2011. Manajemen PAUD TPA-KBTK/RA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Setyadien, B. dan Burhanudin. 2005. Manajemen Waktu. Dalam Tim Pakar Manajemen
Wahyosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekola.,Cet 3 Grafindo Persada. Jakarta.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Published
2020-06-30
Section
Articles