UPAYA KOORDINATOR BIDANG PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENYUSUN RKH MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN PADA TK DHARMA WANITA PERSATUAN KOKOP BANGKALAN

  • R. Adi Purnomo, SE. Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan
Keywords: RKH, komponen, dan guru

Abstract

Permasalahan yang terjadi di lapangan masih ditemukan banyak guru yang belum paham menyusun RKH. Hal tersebut terlihat ketika peneliti yang bertindak sebagai Penilik PAUD yang juga diberi tugas tambahan sebagai Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kokop melakukan supervisi ke sekolah TK Dharma Wanita Persatuan yang berlokasi di Desa Dupok Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan, yang ternyata guru tidak dapat memperlihatkan RKH dengan berbagai alasan. Kemudian bagi guru yang sudah membuat RKH masih ditemukan belum melengkapi beberapa komponen. Masalah lain yang ditemukan bahwa sebagian besar guru masih belum mendapatkan bimbingan dalam pengembangan RKH. Dengan keadaan yang demikian, peneliti berusaha memberi bimbingan berkelanjutan kepada guru di TK Dharma Wanita Persatuan dalam menyusun RKH secara lengkap sesuai dengan tuntutan yang ada dalam standar proses maupun standar penilaian yang merupakan bagian dari standar nasional pendidikan. Berdasarkan temuan maka peneliti mengadakan penelitian berjudul Upaya Koordinator Bidang Pendidikan Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Untuk Menyusun RKH Melalui Bimbingan Berkelanjutan Pada TK Dharma Wanita Persatuan Kokop Bangkalan. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Sekolah guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun RKH apalagi setelah mendapatkan bimbingan penyusunan RKH dari peneliti. Informasi ini peneliti peroleh dari hasil pengamatan pada saat mengadakan wawancara dan bimbingan penyusunan RKH kepada para guru TK Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan pada tahun pelajaran 2020/2021 pada semester 1. Hal tersebut dibuktikan dari hasil observasi atau pengamatan yang ketahui bahwa hasil pengamatan dalam penyusunan RKH terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II dari siklus II ke siklus III karena semua guru telah melengkapi komponen-komponen yang menjadi kriteria penilaian dalam menyusun RKH dengan sangat baik. Telah terbukti bahwa bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru TK Dharma Wanita Persatuan dalam rangka menyusun RKH. Oleh karena itu, peneliti menyampaikan beberapa saran, yaitu motivasi yang sudah tertanam khususnya dalam penyusunan RKH hendaknya terus dipertahankan dan ditingkatkan. Juga hendaknya RKH yang disusun mengandung komponen-komponen secara utuh.

References

Diyasika Ulinafiah dan Novan Ardy Wiyani. 2019. Penciptaan Layanan Prima Melalui Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Perpustakaan IAIN Purwokerto. Jurnal : re-JIEM. 2 (2): 223-239
Djiwandono, M. Soenardi. 1996. Tes bahasa dalam pengajaran. Bandung: Penerbit ITB.
Nawawi, Hadari. 1985. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nurhadi, Ali .2016. Profesi Keguruan : Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan, Jawa barat : Goresan Pena. ISBN 978-602-364-117-8
Nurhadi. 2019. “PENERAPAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TENAGA PENDIDIK DALAM PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs NAHDLIYATUL ISLAMIYAH BLUMBUNGAN LARANGAN PAMEKASAN”. Jurnal : Al-Fikrah Vol. 2 No. 1, Juni 2019: 1-20.
Subarjo. 2019. Peningkatan Kemampuan Baca-Tulis dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas 3 UPTD SDN Tlokoh 3 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. Jurnal Ilmiah : FONEMA. 2 (2): 99-113
Sudjana, Nana. 2009. Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan Indikator. Jakarta : Binamitra Publishing.
Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Suyadi. 2011. Manajemen PAUD TPA-KBTK/RA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widayati, W. Martono, B., dan Mardiana, N. 2018. Model Diskusi pada Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Jurnal Ilmiah : FONEMA. 1 (2): 138-151
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Published
2021-08-30
Section
Articles