MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA SMAN 2 BANGKALAN MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TOPIK KEANEKARAGAMAN HAYATI
DOI:
https://doi.org/10.34557/jpl.v6i1.99Keywords:
Pembelajararan Berbasis Inkuiri, Sikap Ilmiah, Keanekaragaman HayatiAbstract
Dewasa ini, siswa dihadapkan pada tantangan abad 21. Sejalan dengan perubahan zaman, maka tuntutan karakterisitik warga negara yang diperlukan pun berubah, pada abad 21 diperlukan warga negara yang berpikir kritis, kreatif, inovatif, bekerja sama, mampu berkomunikasi, kolaborasi, dan memecahkan masalah untuk menopang produktivitas. Salah satu pembelajaran yang dapat menghadapi tantangan tersebit adalah pembelajaran berbasis nkuiri. Implementasi pembelajaran berbasis inkuiri dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dengan masing-masing pertemuan dilaksanakan dalam waktu 135 menit. Penelitian dilakukan pada kelas X MIPA1 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Bangkalan tahun ajaran 2018/2019 di bulan September. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimendengantime series design. Pada setiap pertemuan dilakukan obervasi aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi dan diakhir pertemuan ke-3 dilakukan wawancara terhadap siswa untuk melihat persepsi mereka terhadap pembelajaran berbasis imkuiri. Dari hasil observasiterhadap aktivitas siswa diperoleh nilai sikap ilmiah siswa. Pertemuan ke-1sebesar 3,47, pertemuanke-2 sebesar 3,65. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis inkuiri dalam pembelajaran biologi pada konsep keanekaragaman hayati dapat meningkatkan sikap ilmiahnya.
References
Inquiry Page. (2004). Inquiry Process. Tersedia: http://www.inquiry.uiuc.edu/ inquiry/process
Sandika, B. Dan Fitrihidajati, H., 2018. Improving Creative Thinking Skills And Scientific Attitude Through Inquiry-Based Learning In Basic Biology Lecture Toward Students Of Biology Education. Indonesian Journal of Biology Education Vol. 4 No. 1, 2018; pp. 23-28
Schmid, S., dan Bogner, F.X., 2015. Does Inquiry-Learning Support Long-Term retention of Knowledge?. International Journal of learning, Teaching and Educational Recearch Vol.10, No. 4, pp,51-70, march 2015.