PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FIKIH MATERI SHADAQAH, HIBAH DAN HADIAH DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII MTS AL MA’ARIF KECAMATAN BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • Siti Zainah, M.Pd.I. MTs Al Ma’arif Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.34557/jpl.v6i1.98

Keywords:

Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fikih materi Shadaqah, Hibah dan Hadiah pada siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif Kecamatan Bangkalan. Penelitian ini menggunakan desain PTK. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dengan instrumen test berupa soal pilihan ganda dan essay, instrumen nontest berupa lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil analisis data penelitian dari prasiklus, siklus I dan II mengalami peningkatan aktivitas afektif 71,43% menjadi 85,71% pada siklus II, aktivitas Psikomotorik 75,00% menjadi 85,71% pada siklus II. Sedangkan peningkatan pada hasil belajar secara klasikal adalah pada pra siklus sebesar 53,57%, siklus I sebesar 75,00%, dan pada siklus II sebesar 89,29%, jadi ada kenaikan yang cukup signifikan pada siklus I dan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi Shadaqah, Hibah dan Hadiah pada siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif Kecamatan Bangkalan, dengan keterlibatan siswa secara aktif selama proses pembelajaran berlangsung.

References

Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.
Arikunto, Suharsimi., Suhardjono dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Ibrahim, M. dkk .2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rifa’i RC, Achmad dan Anni, Chatharina Tri.2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Trianto, S.Pd.,M.Pd. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Uno, Hamzah B. 2008. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara
UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wijaya, Agus Purna, dkk. 2010. “Kefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemecahan masalah belajar siswa”. Dalam Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Volume 10. No 2 Hal 43-49. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles