IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SDN TUNJUNG 3 DALAM PEMBELAJARAN TEMA 1 MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Authors

  • Siti Amina Sekolah Dasar Negeri Tunjung 3

DOI:

https://doi.org/10.34557/jpl.v6i1.97

Keywords:

pendidikan karakter, lingkungan, sumber belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam penguatan implementasi pendidikan karakter peserta didik kelas VI SDN Tunjung 3. Target indikator kefektifannya jika lebih dari 75% peserta didik kelas VI SDN Tunjung 3 mengalami perubahan sikap atau karakter yang menunjukan unsur religious, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas di luar kebiasaan yang mereka lakukan atau berbeda dengan keadaan awal sebelum mendapat perlakuan dalam penelitian. Selanjutnya konsistensi peserta didik dalam menerapkan sikap yang mencerminkan unsur karakter meningkat dari hari ke hari selama dalam pengamatan observer. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, format pemetaan sikap, dan lembar observasi. Angket digunakan untuk mengukur keadaan awal peserta didik sebelum menerapkan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dan digunakan untuk mengukur sikap peserta didik dalam menentukan perilaku pada suatu masalah. Hasil penelitian menyebutkan bahwa 100% peserta didik kelas VI SDN Tunjung 3 mengalami perubahan sikap atau karakter yang menunjukan unsur religious, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas di luar kebiasaan yang mereka lakukan atau berbeda dengan keadaan awal sebelum mendapat perlakuan dalam penelitian, serta konsistensi peserta didik dalam menerapkan sikap yang mencerminkan religious, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas juga meningkat dari hari ke hari selama dalam pengamatan observer.

 

References

Ditjen GTK. Direktorat PG Dikdas. 2019. Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.
Salinan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 tahun 2017.
Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2018.
Suryani, Nunuk. 1998. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Downloads

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles