MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI TATA SURYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF IPA

Authors

  • Meilasari Sekolah Dasar Negeri Sobih 1

DOI:

https://doi.org/10.34557/jpl.v6i1.96

Keywords:

UN/USBN, Discovery Learning, Media Interaktif

Abstract

Hasil UN/USBN dan asesmen (PISA/TIMSS) yang dilakukan Pemerintah Indonesia masih belum memenuhi harapan. Hal ini dikarenakan memasuki abad ke-21, perkembangan dunia pendidikan berlangsung sangat pesat. Baik guru maupun peserta didik dituntut untuk memiliki dan memahami keterampilan berpikir tingkat tinggi/Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan kecakapan abad 21. Keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan 3 (tiga) aspeknya yakni Transfer Knowledge, Critical Thinking dan Problem Solving. Sedangkan kecakapan abad 21 dikenal dengan aspek 4C, yakni Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creative and Innovative. Oleh karena itu, diperlukan sebuah pembelajaran yang mengombinasikan kedua hal tersebut di atas. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Media Interaktif IPA adalah jawabannya. Di mana model pembelajaran Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi dan Media Interaktif IPA merupakan implementasi dari kecakapan abad 21, khususnya pada aspek literasi digital. Model pembelajaran Discovery Learning memiliki 6 (enam) sintak/langkah pembelajaran, yakni 1) Pemberian rangsangan (stimulation); 2) Pernyataan/Identifikasi masalah (problem statement); 3) Pengumpulan data (data collection); 4) Pengolahan data (data processing);.5) Pembuktian (verification); dan 6) Menarik simpulan/generalisasi (generalization). Dalam setiap sintak/langkah pembelajaran tersebut terdapat kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dan untuk menunjang serta memfasilitasi siswa dalam meningkatkan kemampuannya dibantu dengan Media Interaktif IPA yang berisi tulisan, gambar, audio, dan video, serta animasi yang dapat memotivasi siswa. Hasilnya, pemahaman siswa pada materi tata surya ini meningkat yang dapat dilihat dari hasil kerja yang dikerjakan oleh siswa.

References

Ariyana, Yoki, dkk.(2019).Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Asyar, Rayandra.(2012).Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Azhar, Arsyad.(2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.(2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.(2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah..Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Sekretariat Negara RI.
Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.Jakarta: Sekretariat Negara RI.

Downloads

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles