PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PENGELOLAAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI SUPERVISI PENDIDIKAN PADA GURU BINAAN DI KECAMATAN LABANG KABUPATEN BANGKALAN
DOI:
https://doi.org/10.34557/jpl.v6i1.94Keywords:
Supervisi Pendidikan, Kinerja Guru dan Hasil BelajarAbstract
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru PAI pada Guru Binaan di Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan dan hasil belajar siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan melibatkan guru PAI pada Guru Binaan sebanyak 6 (enam) SD. Penelitian ini dilakukan dengan melalui supervisi pendidikan dengan melihat rata-rata prestasi siswa di setiap Sekolah pada Guru Binaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara dan studi dokumen dengan alur penelitian dimulai dari Refleksi awal, Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, Refleksi dan perancangan ulang, melalui tahapan pelaksanaan tindakan siklus I, II dan III. Hasil analisis data dari penelitian dapat disimpulkan bahwa sikap ketakutan siswa kepada guru menurun dari siklus I sebesar 60 siswa (66,67%) siklus II menurun menjadi 15 siswa (16,67%) siklus III menurun lagi menjadi12 siswa (13.33%). Dominasi guru pada siklus I sebesar78,89%, pada siklus II menurun menjadi 27,78% dan pada siklus III menjadi 20,00%. Gairah siswa pada siklus I sebesar 44,44% , pada siklus II meningkat menjadi 88,89% dan pada siklus III menjadi 94,44%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan Supervisi pendidikan oleh Pengawas PAIs dapat meningkatkan/memperbaiki proses belajar mengajar Guru Binaan di Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan.
References
Dharma, Surya. (2008). Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran. Modul untuk Pengawas. Jakarta: Ditjen PMPTK.
Dharma, Surya. (2008). Penilaian Kinerja Guru. Modul untuk Pengawas. Jakarta: Ditjen PMPTK.
PP 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
Sadiman, Rahardjo, Haryono, Raharjito. (2010). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Bandung: Tarsito.
Sutisna, Oteng. 2004. Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa.
Tim Dirjend PMPTK (2009). Penelitian Tindakan Sekolah. Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Ditjend PMPTK.
Undang – Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.
Undang – Undang RI No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.