UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE MIND MAP PADASISWA KELAS V-B UPTD SDN KEMAYORAN 1 BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Authors

  • R. Puji Emi Sundari UPTD SDN Kemayoran 1 Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.34557/jpl.v6i1.93

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Metode Mind Map, Kelas V SD

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika Bangun Ruang menggunakan metode Mind Map pada siswa kelas V-B UPTD SDN Kemayoran 1 Bangkalan. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar siswapada pembelajaran matematika kelas V-B UPTD SDN Kemayoran 1 Bangkalan Tahun Pelajaran2019-2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses Penelitian yang digunakan adalah penelitian yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart yang menggunakan siklus sistem spiral yang maing-masing siklus terdiri dari rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-B UPTD SDN Kemayoran 1 Bangkalan yang berjumlah 40 orang. Sedangkan obyek penelitian adalah keseluruhan proses pada penerapan metode Mind Map di UPTD SDN Kemayoran 1 Bangkalan. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes akhir siklus dan dokumentasi. Untuk analisis data kuantitatif diolah dengan rumus-rumus statistik, sedangkan analisisdata kualitatif dilakukan dengan mendeskripsikan seluruh data yang tersedia dari lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode Mind Map mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar Matematika siswa kelas V-B sebesar 49,01%. Selain itu dari hasil analisis data observasi mengalami peningkatan yaitu dari 46,7% aspek terpenuhi menjadi 86,7% aspek. Karena pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, maka diharapkan guru dapat menerapkan pembelajaran tersebut.

 

Kata kunci: , , 

References

Arinimath.(2008).Definisi Matematika.http://arinimath.Blogspot.com/2008/02/definisi-matematika.html.pada tanggal 10 Oktober 2012 jam 14.00.

AsepJihad. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika. Jakarta: Multi Pressindo.

Buzan.Tony. (2004). Memahami Peta Pemikiran : The Mind Map Book. Batam: Interaksa.

Buzan.Tony. (2004). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, cet VI.

Mahmudin. (2009). Pembelajaran Berbasis Peta Pikiran. http://Mahmudin. wordpress.com. Pada tanggal 26 Maret 2013 jam 14.35.

Miyazaki AnNisha. (2012). Tentang MindMapping.http://Miyazaki.blogspot.com. Pada tanggal 26 Maret 2013 jam14.30.

Suharjo. (2006). Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek. Jalarta: Dirjen Dikti.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Suharsimi Arikunto. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Suharsimi Arikunto. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Sumitro, Dwi S, dkk. (2006). Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sumiyati, Asra. (2007). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. Suyanto, Djihad Hasyim.(2000). Pendidikan Indonesia menanti Milenium III. Yogyakarta: Adi Cipta Karya.

Syaiful Bahri Djamarah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Syamsu Yusuf Ln.(2006). Psikologi Perkembangan Anakdan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syarifah Ety. (2009). Analisis dan Interpretasi Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Bandungan Institute.

Tim Penyusun KTSP. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Wina Sanjaya. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana Prenada.

Downloads

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles