MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGUNGKAPKAN MONOLOG DESCRIPTIVE LISAN SEDERHANA YANG BERTERIMA MENGGUNAKAN SISTIM ICARE PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN
DOI:
https://doi.org/10.34557/jpl.v9i1.218Keywords:
KETERAMPILAN MENGUNGKAPKAN, MONOLOG DESCRIPTIVE LISAN, SISTIM ICAREAbstract
Pembelajaran menggunakan sistem ICARE mengkondisikan siswa belajar berpendapat dan mengungkapkan pengetahuannya, mengaplikasikan, merefleksi dan memperluas pengalaman belajar mereka maka akan membentuk sikap percaya diri siswa karena siswa terlibat langsung mengaplikasikan pengetahuannya. Dengan model pembelajaran bahasa Inggris mengungkapkan monolog descriptive lisan menggunakan sistim ICARE ini siswa merasa senang, membuat mereka percaya diri, siswa mmapu menerapkan dengan bahasa mereka sendiri dan siswa merasa keterampilan mengungkapkan bahasa Inggris lisan mereka meningkat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan ICARE dapat meningkatkan keterampilan siswa di dalam menggunakan bahasa Inggris lisan yang berterima khususnya untuk mengungkapkan monolog descriptive. Terbukti dari analisis data secara kuantitatif menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa pada umumnya diatas Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) bahasa Inggris yaitu 70. Di samping itu terbentuk sikap percaya diri siswa, sikap bersosial, toleransi, dan minat belajar untuk aktualisasi diri.
References
Decentralized Based Education (DBE), 2006. Integrasi Kecakapan Hidup dalam Pembelajaran. USAID Indonesia.
Dirjendikdasmen. 2005. Landasan Filosofi Teoritis Pendidikan Bahasa Inggris. Jakarta.
Mills, GE, 2000. Action Research A Guide For The Teacher Researcher. Ohio, Shoutern Oregon University.
Permen 22. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta.
Puskur. 2006. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP. Jakarta.
Sudjana, S. 2001. Metoda dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung. Falah Production.
Suranto, Basowi, Sukidin, 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Insan Cendekia.
Surya,M. 2003. Percikan Perjuangan Guru. Semarang, Aneka Ilmu.
Suryadi,A, 1983. Membuat Siswa Aktif Belajar.Bandung, Binacipta.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.