PENINGKATAN PEMAHAMAN TATA CARA PENYELENGGARAAN JENAZAH MATA PELAJARAN PAI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI-MIA 2 DI SMA NEGERI 1 BLEGA BANGKALAN

  • Siti Aliyah, S.Ag. SMA Negeri 1 Blega Kabupaten Bangkalan
Keywords: peningkatan, prestasi PAI, penyelenggaraan jenazah, media, audio visual

Abstract

Salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya ingat adalah pembelajaran menggunakan media pengajaran. Hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan dengan hasil belajar yang tidak menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan permasalahan yang ada di SMA Negeri 1 Blega dalam pembelajaran PAI tentang kompetensi cara penyelenggaraan jenazah maka digunakan media audio visual Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman tatacara penyelenggaraan jenazah mata pelajaran PAI melalui penggunaan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas XI-MIA.2  di SMA Negeri 1 Blega Bangkalan. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi pada siklus III menunjukkan ada peningkatan, dalam hal respon siswa terhadap KBM rata-rata mencapai 79,16 %. Berdasarkan hasil pengamatan dan pengawasan skor rata-rata mencapai 3,4, angka ini tergolong baik. Hasil ulangan harian siswa pada UH awal 69,86 %, sedangkan pada UH akhir mencapai nilai 82,16. Ketuntasan belajar klasikal 100 %. Nilai rata-rata siswa dari kuis pada siklus I sebesar 73,10 naik pada siklus II menjadi 81.71, pada siklus III naik menjadi 79,72. Presentasi ketuntasan klasikal naik dari 89,18% menjadi 100 %. Aktifitas siswa dalam KBM meningkat dari 79,05% pada siklus II menjadi 98,64 % pada siklus III.

References

Amin, S., & Nurhadi, A. (2020). Urgensi Analisis Kebutuhan Diklat Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pai Dan Budi Pekerti. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 83-100.
Aprilia, E. F. (2015). Pengaruh media pembelajaran audio-visual terhadap hasil belajar siswa Kelas X pada mata pelajaran PAI di SMA Islam Soerjo Alam Ngajum Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi., Suhardjono dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi
Departemen Pendidikan Nasional 1997, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada SMU, Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Jakarta: Depdiknas.
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Nurhadi, A. 2016. Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan: Goresan Pena
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Shobri, A. (2019). Pembinaan Guru Madrasah Tsanawiyah Berbasis Budaya Pesantren di Pesantren Nurul Huda Kembang Jeruk dan Pondok Pesantren Al-Jauhariyah Sembung Kecamatan Banyuates Sampang. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(1), 21-34.
Published
2022-09-30
Section
Articles