MEDIA BARLOK GASUR BIRING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENGARUH GAYA TERHADAP ENERGI PADA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI BANCARAN 2 KECAMATAN BANGKALAN

  • Suparinah, S.Pd.SD UPTD SD Negeri Bancaran 2 Kecamatan Bangkalan
Keywords: gaya, barlok gasur biring

Abstract

Bekal siswa dalam mempelajari IPA lebih lanjut, maka perlu ditanamkan konsep gaya secara benar dan menghindari terjadinya salah konsep pada siswa (SEQIP, 2000:225).Dahar (2003: 19) tujuan  mengajar ialah membuat anak berpikir, dan ketrampilan proses itu ialah ketrampilan berpikir. Pembelajaran tentang gaya  kurang efektif yaitu nampak dalam pembelajaran yang kurang menarik, tidak kontekstual, kurang menimbulkan daya pikir yang tinggi, tidak melakukan percobaan, pengamatan, analisis, dan prediksi serta komunikasi yang baik. Perlu diciptakan media nyata maka diciptakan  media BARLOK GASUR BIRING, serta memberi judul karya artikel hasil penelitian ini dengan Media Barlok Gasur Biring Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep  Pengaruh Gaya Terhadap Energi Pada Siswa Kelas V  UPTD SD Negeri  Bancaran 2”. Berdasarkan analisa data dan komentar pengamat dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tentang konsep gaya dan pengaruhnya terhadap energi/usaha dengan media BARLOK GASUR BIRING, dapat meningkatkan efektifitas, menarik, kontekstual, menimbulkan daya pikir yang tinggi, melakukan percobaan, pengamatan, analisis, dan prediksi serta komunikasi yang baik, pada pembelajaran tentang konsep gaya dan pengaruhnya terhadap energi/usaha.

Kata Kunci: , .

References

Dahar, Ratna Wilis, 2003, Beberapa Pendekatan Pembelajaran IPA, Fasilitator, edisi II tahun 2003, Jakarta.
Lukman, dkk 2008, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Depdikbud, Jakarta.
Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi unutk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rustaman, Nuryani, 2003, Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah dalam Sains, Fasilitator, edisi V tahun 2003, Jakarta.
.................., SQIP, 2000, IPA Guru, Depdikbud, Jakarta
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Shobri, A. (2019). Pembinaan Guru Madrasah Tsanawiyah Berbasis Budaya Pesantren di Pesantren Nurul Huda Kembang Jeruk dan Pondok Pesantren Al-Jauhariyah Sembung Kecamatan Banyuates Sampang. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(1), 21-34.
Published
2022-09-30
Section
Articles