UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBATIK MELALUI MEDIA VIDEO DI KELAS X - 1 SMA NEGERI 1 BLEGA KABUPATEN BANGKALAN

  • M. JARI, M.MPd. SMA Negeri 1 Blega Kabupaten Bangkalan
Keywords: kemampuan, membatik, media, vedio

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan agar pembelajaran membatik menarik dengan penggunaan media vedio. Berdasarkan pelaksanaan penelitian trdapat peningkatan  kemampuan  membatik melalui media video di kelas X - 1 SMA Negeri 1 Blega  Kabupaten Bangkalan. Dibuktikan prosentase minat siswa secara kesluruhan terhadap proses kegiatan pembelajaran membatik antara siklus I (kegiatan pembelajaran membatik tanpa alat bantu media video) dan siklus II (kegiatan pembelajran membatik dengan alat bantu media video) terjadi kenaikan sebesar 17,5 %. dan dari siklus II ke siklus III(kegiatan pembelajaran membatik dengan alat bantu media video) terjadi kenaikan sebesar 5 %. Hasil evaluasi (membuat produk) pada siklus I dan siklus II, terlihat bahwa prosentase kenaikan hasil evaluasi siswa secara keseluruhan terhadap proses kegiatan pembelajaran membatik antara siklus I (kegiatan pembelajaran membatik tanpa alat bantu media video) dan siklus II (kegiatan pembelajaran membatik dengan alat bantu media video) terjadi kenaikan sebesar 82,5 %. dan dari siklus II ke siklus III (kegiatan pembelajaran membatik dengan alat bantu media video) terjadi kenaikan sebesar 100 %.

 

References

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.
Arikunto, Suharsimi., Suhardjono dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Freeman, Diane Larsen 1990. Language Teching Methods: Hill Book Company,Inc.,
Nurhadi, A. 2016. Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan: Goresan Pena
Rifa’i RC, Achmad dan Anni, Chatharina Tri. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Tresnawati, N. (2018). Pembelajaran sains berbasis kearifan lokal dalam upaya peningkatan konservasi lingkungan pada mahasiswa pgsd di batik tulis ciwaringin cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 69-82.
Qur'ani, D. A. E., Kuswandi, D., & Wedi, A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sinektik Berbantuan Video Pada Materi Batik Tulis Kelas XI MAN 1 Madiun. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 51-57.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Shobri, A. (2022). ZINA ONLINE DI ERA INFORMASI TRANSAKSI ELEKTRONIK (ITE) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 5(1), 21-35.
Published
2022-09-30
Section
Articles