PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS XI IPA MAN BANGKALAN
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di MAN Bangkalan, didapatkan adanya berbagai masalah seperti nilai rata-rata kelas hanya 65,5. Selain itu motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran tergolong sangat rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN Bangkalan pada materi sistem reproduksi manusia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dengan dua kali pertemuan dan siklus II dengan dua kali pertemuan. Subyek penelitian adalah 30 siswa kelas XI IPA-2 MAN Bangkalan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk hasil belajar siswa aspek kognitif meningkat dari rata-rata 72,00 pada siklus I menjadi 81,66 pada siklus II. Sedangkan persentase siswa yang mencapai nilai KKM meningkat dari 23,33% menjadi 100%. Hasil belajar siswa aspek afektif adalah 100% tinggi pada siklus I maupun siklus II. Data yang diperoleh menunjukkan indikator yang ingin dicapai telah memenuhi target yaitu 76 untuk nilai rata-rata, 75% untuk ketuntasan KKM, 70% untuk nilai afektif siswa. Berdasarkan data, dapat disimpulkan bahwa Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA-2 MAN Bangkalan pada materi Sistem Reproduksi.
References
Hamalik, O., 2001, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : PT Bumi Aksara.
Imam dan Anggarini, 2012, Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian, Madiun : PGRI.
Mulyati, 2005, Psikologi Belajar, Yogyakarta : Andi Offset.
Nasuhtion, N., 2004, Psikologi Belajar, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Rusman, 2012, Model-Model Pembelajaran Ed.2. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Sardiman, A.M., 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press.
Sanjaya, W., 2010, Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana.
Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Edisi Revisi Jilid Kelima, Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Tukiran, Miftah, Elfi, dan Harmianto, S., 2011. Model – Model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Shobri, A. (2022). ZINA ONLINE DI ERA INFORMASI TRANSAKSI ELEKTRONIK (ITE) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 5(1), 21-35.