PENINGKATAN KOMPETENSI DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF MATA PELAJARAN TATA BUSANA MATERI MENGGAMBAR BUSANA PADA SISWA KELAS XII MAN BANGKALAN

  • Nurul Nizaah. S,Pd., M.Si. Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan
Keywords: Hasil Belajar, pembelajaran kreatif produktif

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XII MAN Bangkalan berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, catatan lapangan dan penilaian unjuk kerja. Lembar observasi untuk menilai tindakan kelas dan sikap siswa. Tes untuk mengungkap prestasi siswa berupa tes teori dan praktek Hasil penelitian menunjukkan perencanaan siklus I, meningkatkan aktivitas belajar dan kompetensi dengan pembelajaran kreatif. Tindakan, tahap eksplorasi mengkaji materi melalui referensi gambar desain, majalah mode, dan modul, tahap interpretasi siswa menginterpretasikan hasil kajian dan guru menarik kesimpulan, tahap Re-kreasi siswa membuat gambar busana secara mandiri dan kreatif. Pengamatan, sebagian siswa belum melakukan tahap ekplorasi, interpretasi, dan Re-kreasi dengan baik. Refleksi, kompetensi belum mencapai standar ketuntasan. Siklus II, perencanaan, meningkatkan partisipasi siswa pada tahap eksplorasi, interpretasi, dan Re-kreasi. Tindakan guru menambah motivasi dan bimbingan pada tiap tahap. Pengamatan, partisipasi dan aktivitas belajar siswa meningkat. Refleksi, metode kreatif produktif dapat diterapkan pada pembelajaran menggambar busana dengan baik dan ketuntasan belajar siswa meningkat. Kompetensi pada siklus I dan siklus II meningkat cukup signifikan, ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar. Ketuntasan belajar pra siklus 35.3% atau 12 dari 34 siswa. Siklus I 61.8% atau 21 dari 34 siswa. Ketuntasan belajar meningkat sebesar 26.5% dari 35.3% menjadi 61.8%. Ketuntasan belajar siklus II 76.5%. ketuntasan belajar meningkat meningkat sebesar 14.7% dari 61.8% menjadi 76.5%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kreatif produktif dapat meningkatkan kompetensi dan hasil belajar pada materi menggambar busana pada kelas XII di MAN Bangkalan

References

Dimyati dan Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensinde
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Mahsun, M., & Muniri, M. (2018). Konstruksi Sosial Nyelasé di Makam Syaikhona Kholil Bangkalan. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 28-45.
Published
2022-09-30
Section
Articles