MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB PADA SISWA KELAS II UPTD SD NEGERI BANYONENG DAJAH 2 KECAMATAN GEGER KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Ageng Martadi, S.Pd. UPTD SDN Banyoneng Dajah 2 Geger Bangkalan
Keywords: prestasi belajar, tanya jawab

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) merupakan mata pelajaran yang didalamnya mencakup  hubungan manusia dengan negara dalam kehidupan sehari-sehari. Namun kenyataan di lapangan mata pelajaran PKn mutunya masih rentan,  karena harus bisa diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa masih kesulitan memahami materi yang disampaikan guru. Selain itu metode yang digunakan masih mengandalkan buku pelajaran sebagai sumber utama pembelajaran. Untuk itu perlu diadakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Penelitian ini bertempat di UPTD SDN Banyoneng Dajah 2 Kec. Geger Kab. Bangkalan, pada siswa kelas II dengan jumlah 14 siswa. Hasil analisis dapat diketahui bahwa, keefektifan penerapan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II UPTD SDN Banyoneng Dajah 2. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai sebelum tes dengan jumlah nilai rata-rata 5,75 nilai ketuntasannya 7,14% sedangkan pada siklus I setelah menggunakan metode tanya jawab jumlah nilai rata-ratanya menjadi 68,57 nilai ketuntasannya 64,29% . Sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya menjadi 76,43 serta nilai ketuntasannya 85,71%. Dengan demikian dapat diinterpretasikan penggunaan metode tanya jawab mampu meningkatkan prestasi belajar PKn di kelas II UPTD SDN Banyoneng Dajah 2 Kec. Geger Kab. Bangkalan

References

Ahmadi, Abu. 1991, Psikologi Sosial. Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Dalyono. 1997, Psikologi Pendidikan. Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Kamisa. 1997, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya, Kartika.
Slameto. 1991, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Mahsun, M., & Muniri, M. (2018). Konstruksi Sosial Nyelasé di Makam Syaikhona Kholil Bangkalan. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 28-45.
Published
2022-09-30
Section
Articles