PENINGKATAN HASIL BELAJAR TATA BUSANA MELALUI MEDIA POWERPOINT DAN JOB SHEET PEMBUATAN POLA DRAPING PADA SISWA KELAS X MAN BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN

  • Dra. Hj. Juhariyah, M.Si. MAN Bangkalan
Keywords: Media Powerpoint, Job Sheet Pembuatan Pola Draping

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Media Powerpoint dan Job Sheet Pembuatan Pola Draping dapat meningkatkan hasil belajar Pembelajaran Tata busana di Kelas X MAN Bangkalan Kabupaten Bangkalan ?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar Pembelajaran Tata busana. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan tiap siklusnya yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas X MAN Bangkalan Kabupaten Bangkalan. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Sumber data: guru, siswa, data dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik pengambilan data meliputi teknik tes dan non tes.Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I diperoleh skor 20 rata-rata 2,5 kriteria cukup, siklus II diperoleh skor 26 rata-rata 3,25 kriteria baik, siklus III skor 30 rata-rata 3,75 kriteria sangat baik. Rata-rata skor aktivitas siswa siklus I 21 kriteria baik, siklus II 23 kriteria baik, siklus III skor 27 kriteria sangat baik. Sedangkan rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 66 ketuntasan klasikal 64%, siklus II sebesar 73,6 ketuntasan klasikal 80%, siklus III sebesar 90 ketuntasan klasikal 96%. Simpulan hasil penelitian yakni melalui media Powerpoint dan Job Sheet Pembuatan Pola Draping mampu meningkatkan hasil belajar Pembelajaran Tata busana. Hendaknya media Powerpoint dan Job Sheet Pembuatan Pola Draping dapat diterapkan dalam setiap pembelajaran.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran..Jakarta: PT Rineka Cipta.
Anni,Catharina. & RC. Rifa’i. Ahmad. 2009. Psikologi Pendidikan.Semarang: Unnes Press.
Azhar, Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad.2011. Media Pengajara. Bandung: Sinar Baru Algensido
Abdillah, Aris M. Kelengkapan Job Sheet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Pada Siswa. E-Journal Ikip Veteran, 2013. Tersedia di e-journal.ikip-veteran.ac.id
I Gusti Bagus Mahendra Destiyanto. 2012. Pengaruh Penggunaan Job Sheet Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Diklat Praktik Las Dasar di SMK Negeri 2 Klaten. Skripsi. Yogyakarta: FT Universitas Negeri Yogyakarta.
Kustandi, Cecep & Sutjipto, Bambang. Media Pembelajaran. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Muliawan, Porrie: 2012. Konstruksi Pola Busana Wanita. Jakarta: Gunung Mulia.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Mahsun, M., & Muniri, M. (2018). Konstruksi Sosial Nyelasé di Makam Syaikhona Kholil Bangkalan. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 28-45.
Published
2022-09-30
Section
Articles