UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS XII TKJ 1 SMKN 2 BANGKALAN

  • Siti Musarrofah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Bangkalan
Keywords: aktivitas  problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada Materi strategi pemasaran siswa kelas XII TKJ 1 SMKN 2 Bangkalan melalui penerapan model Problem Based Learning pada proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan selama dua siklus pada bulan Januari 2022, dimana setiap siklus meliputi proses perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 2 Bangkalan dengan subjek penelitian adalah 30 siswa pada kelas XII TKJ 1 tahun pelajara 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi aktivitas belajar , lembar diskusi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata skor aktivitas siswa mencapai 59,3% meningkat 11,2%  menjadi 70,5% pada siklus II. Kemudian rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I mencapai  70,8 meningkat menjadi 74,7 pada siklus II. Presentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I sebesar 66,7% meningkat 20% menjadi 86,7% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan model Problem Based Learnig pada materi strategi pemasaran  kelas XII TKJ 1 SMKN 2 Bangkalan.

 

References

A.M. Sardiman. 1986. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Arifin, Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Aqib, Zainal. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
Endang, Poerwanti, dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Sinar Grafika.
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Press
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005), hal. 22
Norma, Kurnia, Hidayani. 2015. Peningkatan Kemampuan Analisis Masalah Ekonomi Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Semarang:UNNES Press.
Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rifa’I, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme
Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu.Jakarta: Ghalia Indonesia
Rahman, Annisa, Yulyana. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah
Perubahan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Valuta Asing Serta Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Al-Irsyad Tegal.Semarang: UNNES Press.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta
UU Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003. Sistem PendidikanNasional. 2003. Bandung: Sinar Grafika.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara
Widoyoko, S. Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Published
2022-03-31
Section
Articles