UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PPKN TEMA PERSATUAN DAN PERBEDAAN MATERI MANFAAT PERSATUAN DAN KESATUAN MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE BERBANTUAN MEDIA KLIPING PADA SISWA KELAS VI UPTD SD NEGERI TUNJUNG 2 KECAMATAN BURNEH KABUPATEN BANGK
Abstract
Media dan metode sangat penting dalam pembeljaran. Rumusan masalah penelitian ini apakah menggunakan metode Everyone Is Teacher Here berbantuan media kliping dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn Tema Persatuan dan Perbedaan Materi Manfaat Persatuan dan Kesatuan pada siswa kelas VI UPTD SD Negeri Tunjung 2? Penelitian bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn menggunakan metode Everyone Is Teacher Here berbantuan media kliping di kelas VI UPTD SD Negeri Tunjung 2. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus dua pertemuan dengan empat tahap penelitian: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI UPTD SD Negeri Tunjung 2. Variabel penelitian meliputi keterampilan guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pembelajaran PPKn meningkat. Keterampilan guru siklus I (pertemuan 1 dan 2) memperoleh rata-rata skor 42,5 kategori baik, meningkat siklus II (pertemuan 1 dan 2) perolehan 50 kategori sangat baik. Rata-rata aktivitas siswa siklus I 42,36 kategori baik, meningkat siklus II 49,96 kategori sangat baik. Ketuntasan belajar siswa siklus I 73,08% (19 dari 26 siswa tuntas belajar) dan siklus II ketuntasan meningkat menjadi 88,46% (23 dari 26 siswa tuntas belajar) dan nilai rata-rata kelas 79,42. Dari hasil penelitian ditarik kesimpulan bahwa metode Everyone Is Teacher Here berbantuan media kliping dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn pada siswa kelas VI UPTD SD Negeri Tunjung 2 dan disarankan metode Everyone Is Teacher Here berbantuan media kliping diterapkan pada mata pelajaran lain.
References
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hisyam, Zaini dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani
Lasa. Hs, 2006. Kliping. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Nurhadi, Ali. 2016. Profesi Keguruan Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan: Goresan Pena.
Nurhadi, Ali. 2020. Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Anak Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sampang. Pelangi IlMU (4) 1. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_pelangiilmu/article/view/5203
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik.Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Uno, B. Hamzah. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.