PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG PERNIKAHAN DALAM ISLAM MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 4 BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • Nurhasanah, M.Pd.I. SMA Negeri 4 Bangkalan Kabupaten Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.34557/jpl.v8i1.162

Keywords:

Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, TPS, CD Pembelajaran

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Think Pair Share (TPS) berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Bangkalan Kabupaten Bangkalan? Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII SMA Negeri 4 Bangkalan Kabupaten Bangkalan melalui model Think Pair Share (TPS) berbasis CD pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, dengan tahapan masing- masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Bangkalan Kabupaten Bangkalan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Kelas XII dengan jumlah 24 siswa. Variabel penelitian ialah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 22 dalam kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 26 dalam kategori baik dan siklus III skor menjadi 29 dalam kategori baik. Pada siklus I aktivitas siswa memperoleh skor sebesar 19,58 dalam kategori cukup, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 22,50 dalam kategori baik, dan siklus III menjadi 30,01 dalam kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan klasikalnya 58,33%, meningkat menjadi 66,67% pada siklus II, dan menjadi 83,33% pada siklus III. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian tersebut yakni pembelajaran melalui model Think Pair Share (TPS) berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII SMA Negeri 4 Bangkalan Kabupaten Bangkalan.

 

References

Anni, Chatarina Tri dan Achmad Rifa’i. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES.
Anitah, Sri dkk. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ariani, niken dan Dany Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia Di Sekolah
Jakarta : Prestasi Pustakarya.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Aqib, Zaenal dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran.
Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Daryanto, 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Handayani, Desi. 2012. Think Pair Share (TPS). http://desyhandayanii.blogspot.com/2012_04.01archive.html.
Ibrahim dan Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Sahrudin. 2011. Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS). http://www.sriudin.com/2011/07/model-pembelajaran-think-pair-and- share.html.
Sardiman.2010.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta:Rajawali Pers.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka.
Uno, Hamzah dan Nina Lamatenggo. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2022-03-31

Issue

Section

Articles