MENGEFEKTIFKAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP PEMBELAJARAN PKn PADA PESERTA DIDIK CERDAS ISTIMEWA MTs NEGERI PAJARAKAN TAHUN 2015/2016

  • Dra. Nur Syamsiah Rohweni MTs Al Negeri Pajarakan Kabupaten Probolinggo
Keywords: Metode Tanya Jawab, Peserta Didik Cerdas Istimewa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prosentase ketercapaian atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diperoleh peserta didik kelas VIII PDCI MTsN Pajarakan. Dari jumlah 21 peserta didik yang mengikuti pembelajaran PKn dengan pembelajaran konvensional model ceramah dan penugasan, hanya sedikit sekali yang dinyatakan tuntas. Ketidaktuntasan tersebut terlihat dari bukti prosentase kelulusan seluruh peserta didik. Prosentase ideal ketuntasan peserta didik adalah antara 80% - 100%. Apalagi peserta didik dalam kelas PDCI menganut Sistem Kredit Semester (SKS), untuk kasus ketidaktuntasan tersebut perlu diadakan remedial teaching & short semester. Proses remedial teaching dalam kasus ini penulis lakukan melalui kegiatan penelitian tindakan kelas. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana menerapkan metode tanya jawab terhadap  pembelajaran PKn materi “Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa” pada peserta didik cerdas istimewa? 2) Bagaimana pengaruh penerapan metode tanya jawab dalam pembelajaran PKn materi “Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa” pada peserta didik cerdas istimewa terhadap hasil belajar peserta didik? Adapun tujuan kegiatan penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) Mengetahui penerapan metode tanya jawab terhadap  pembelajaran PKn materi “Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa” pada peserta didik cerdas istimewa.  2) Mengetahui pengaruh penerapan metode tanya jawab dalam pembelajaran PKn materi “Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa” pada peserta didik cerdas istimewa terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 2 siklus penelitian dapat disimpulkan: 1) Selama berlangsung PTK, penerapan metode tanya jawab  telah berlangsung dengan baik. 2) Kegiatan pembelajaran dengan metode tanya jawab  yang dikelola dengan baik ternyata cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.

References

Arikunto Suharsimi. dkk, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri, Dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2008) Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, Jakarta
Hatimah, Ihat, Dkk. 2008. Penelitian Pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional
Roestiyah, N.K.. 2008. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja grafindo Persada
Bobbi DePorte & Mike Hernacki. (2000) Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa. Bandung
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka Publisher: Jakarta.
Uno, Hamzah B. Dan Mohamad, Nurdin. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda karya.
Munandir. 2001. Ensiklopedia Pendidikan. Malang: UM Press
Silberman, Melvin L (2002). Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran. Yappendis. Yogyakarta
Wiriaatmadja, Rochiati, Prof.Dr. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. PPS UPI dan Remaja Rosdakarya; Bandung
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Published
2022-03-31
Section
Articles