PENINGKATAN PEMAHAMAN IPA TEMA TOKOH DAN PENEMUAN TENTANG RANGKAIAN LISTRIK MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS VI MI AL AZHAR KECAMATAN MODUNG KABUPATEN BANGKALAN

  • Hj. Mutmainnah, M.Pd.I. MI Al Azhar Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan
Keywords: Pembelajaran IPA, Metode Eksperimen, Alat Peraga

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana Peningkatan pemahaman IPA Tema tokoh dan penemuan tentang rangkaian listrik melalui metode eksperimen dengan alat peraga pada siswa kelas VI MI Al Azhar Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman IPA Tema tokoh dan penemuan tentang rangkaian listrik melalui metode eksperimen dengan alat peraga pada siswa kelas VI MI Al Azhar Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, siklus pertama terdiri dua kali pertemuan, dan siklus kedua terdiri satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VI MI Al Azhar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan. Pada siklus I keterampilan guru mendapat 25 dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II mendapat 41 dengan kategori sangat baik. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa. Siklus I aktivitas siswa mendapat 18,45 kategori cukup, sedangkan pada siklus II mendapat 25,2 kategori baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, siklus I nilai rata-rata yaitu 63,31, dengan ketuntasan klasikal sebesar 46,15%, dan siklus II meningkat menjadi nilai rata-rata yaitu 75,08 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,46%. Simpulan dari penelitian ini adalah metode eksperimen dengan alat peraga dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV MI Al Azhar. Seorang guru harus pandai-pandai memilih dan meramu berbagai metode dan media pembelajaran sehingga tercapai efektifitas pembelajaran yang optimal.

References

Arikunto Suharsimi. dkk, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri, Dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2008) Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, Jakarta
Hatimah, Ihat, Dkk. 2008. Penelitian Pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional
Roestiyah, N.K.. 2008. Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja grafindo Persada
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Dan R&D. Bandung: Alfa beta
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka Publisher: Jakarta.
Uno, Hamzah B. Dan Mohamad, Nurdin. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda karya.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Published
2022-03-31
Section
Articles