PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI MENGHINDARI AKHLAK TERCELA MELALUI MODEL TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) BERBANTUAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES (ICT) BERBASIS MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH N

  • Dra. Siti Saadah, M.Pd.I. Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan
Keywords: pembelajaran akidah akhlak, model team accelerated instruction, ICT, power point

Abstract

Penggunaan media sangat dibutuhkan dalam pembelajaran. Akan tetapi belum semua guru selalu menggunakannya.. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran TAI berbantuan ICT berbasis media power point dapat meningkatkan kualitas pembelajaran akidah akhlak di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan Kabupaten Bangkalan  maka dilakukanlah penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan tiap siklusnya yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Bangkalan Kabupaten Bangkalan. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Sumber data: guru, siswa, data dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik pengambilan data meliputi teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I diperoleh skor 20 rata-rata 2,5 kriteria cukup, siklus II diperoleh skor 26 rata-rata 3,25 kriteria baik, siklus III skor 30 rata-rata 3,75 kriteria sangat baik. Rata-rata skor aktivitas siswa siklus I diperoleh  21 kriteria baik, siklus II diperoleh  23 kriteria baik, siklus III skor 27 kriteria sangat baik. Sedangkan rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 66 ketuntasan klasikal 64%, siklus II sebesar 73,6 ketuntasan klasikal 80%, siklus III sebesar 90 ketuntasan klasikal 96%.. Simpulan hasil penelitian yakni melalui model TAI berbantukan media microsoft office powerpoint mampu meningkatkan kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak. Hendaknya model pembelajaran team accelerated instruction berbantuan ICT berbasis media powerpoint dapat diterapkan dalam setiap pembelajaran.

 

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nurhadi, Ali. 2016. Profesi Keguruan Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan: Goresan Pena.
Sadiman, Rahardjo, Haryono, Raharjito. 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Bandung: Tarsito.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Usman, Moh. Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yusron, N. 2010. Cooperative learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Published
2022-03-31
Section
Articles