PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SKI MATERI PERADABAN EMAS DINASTI ABBASIYAH DENGAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS VIII DI MTS SUNAN CENDANA KECAMATAN KWANYAR KABUPATEN BANGKALAN

  • Sri Nurhayati, S.Ag. MTs Sunan Cendana Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan
Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Inquiry

Abstract

Hasil belajar siswa kelas VIII pada materi Peradaban Emas Dinasti Abbasiyah belum memuaskan karena masih ada siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang di tetapkan yaitu 75. Aktivitas siswa dalam belajar dikelas juga masih kurang, siswa cenderung diam sehingga proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru belum mampu meningkatkan gairah belajar para siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di MTs Sunan Cendana Kecamatan Kwanyar khususnya pada kelas VIII A yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Kegiatan setiap siklus dalam penelitian ini meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas menggunakan metode pembelajaran inquiry. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan 2 (dua) instrumen pada setiap siklus, yakni tes tertulis pada setiap akhir siklus, dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil pada siklus I maupun siklus II terlihat bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari skor awal yaitu dari rata-rata awal sebesar 69,72 menjadi 76 pada siklus I dan 84 pada siklus II dan ketuntasan klasikal dari 45,45% menjadi 72,73% pada siklus I dan 90,91% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa dan lembar pengamatan guru juga meningkat pada siklus I dan Siklus II menunjukan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran inquiry aktivitas siswa mencapai 70% pada siklus I dan 95 pada siklus II. Sedangkan prosentase peningkatan aktivitas guru yaitu 78,57% pada siklus I menjadi 96,42% pada siklus II.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dalam kelas dengan metode pembelajaran inquiry mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, dan ketuntasan klasikal siswa juga meningkat kearah yang lebih baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penggunaan metode pembelajaran inquiry dan dapat digunakan dalam pembelajaran selanjutnya.

 

References

Anni, Cataraina. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES.
Amri dan Ahmadi. 2011. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar: Jakarta. PT Bumi Aksara
Hamdani.2011.Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Pustaka Setia
Muslich, Mansur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. 2011. Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Thobroni dan Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: AR-RUZZ
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Published
2022-03-31
Section
Articles