UPAYA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG MEMBANDINGKAN DUA BILANGAN PADA SISWA KELAS 1 MI MIFTAHUL ULUM AL ISLAMY KECAMATAN MODUNG KABUPATEN BANGKALAN

  • St Noer Asiyah, M.Pd.I. MI Miftahul Ulum Al Islamy Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan
Keywords: Prestasi belajar, Metode demonstrasi

Abstract

Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika tentang Membandingkan dua bilangan dengan menggunakan benda konkret dapat dilakukan dengan menerapkan metode dan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat, motivasi dan keaktifan siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satunya dengan Metode Pembelajaran Demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :  apakah penerapan metode demonstrasi dengan menggunakan benda konkret dalam meningkatkan prestasi belajar matematika tentang membandingkan dua bilangan pada siswa kelas 1. Subjek sebanyak 16 siswa kelas 1 . Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tehnik pengumpulan dengan mengumpulkan data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui catatan peneliti. Sedangkan data kuantitatif diambil dari lembar observasi. Sedangkan data tentang hasil belajar siswa diambil dari lembar soal tes hasil belajar siswa.Dengan menggunakan metode demonstrasi, hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan dicapainya hasil tes pra siklus rata-rata prosentase hanya 31,25 %, kemudian pada siklus I memperoleh 75,00% dan di akhir siklus II mencapai 81,25%. Dengan demikian penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas 1 di MI Miftahul Ulum Al Islamy Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan

 

Kata Kunci : , .

References

Anitah, Sri., (2008). Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suhairimi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksara.
Muhsetyo, Gatot., (2009). Pembelajaran Matematika SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Taufiq, Agus., Miharsa, Hera L., Prianto, Puji L., (2008). Pendidikan Anak Di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Published
2022-03-31
Section
Articles