PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN PERUBAHAN WUJUD BENDA DI UPTD SD NEGERI KOKOP 1 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN

  • Al-Fikrah SD Negeri Kokop 1 Kokop Bangkalan
Keywords: power point, hasil belajar dan siswa

Abstract

Salah satu pelayanan publik yang dapat diberikan oleh seorang guru yakni dengan memberikan pelayanan terbaik kepada anak didik saat kegiatan belajar mengajar.Pelayanan yang terwujud dalam kegiatan belajar mengajar juga harus memperhatikan dalam penyampaian materi agar tidak dilakukan secara konvensional melainkan dengan inovasi baru agar pembelajaran lebih bermakna.Penggunaan media pembelajaran dapat dijadikan sebagai salah satu alat komunikasi antara guru dan siswa.Media pembelajaran harus dapat menarik perhatian siswa, sehingga perhatiannya tertuju pada materi yang akan disampaikan dan hasil belajarnya akan meningkat. Dalam praktiknya di lapangan terdapat pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa kelas III di UPTD SD Negeri Kokop 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. Berkenaan dengan hal tersebut maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjudul “ Penggunaan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas III Pada Pembelajaran Perubahan Wujud Benda di UPTD SD Negeri Kokop 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan”.Pembelajaran ini berhasil jika ketuntasan klasikal 90% dan rata-rata kelas di atas 75.PTK ini terdiri dari 3 siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan deskripsi komparatif tiap siklus. Terbukti dari nilai rata-rata kelas dari kondisi awal pra siklus 59 dan ketuntasan klasikal 63 % , siklus I rata-rata kelas menjadi 65 dan ketuntasan klasikal 73 %, siklus II rata-rata menjadi 83 dengan ketuntasan klasikal 80 %, siklus III rata-rata kelaas menjadi 91 dengan ketuntasan klasikal 97 %. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat dibuktikan kebenarannya.

References

Anas, Sudijono. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Paja Grafindo Persada.
Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.
Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hartono, R. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta: Diva Press.
Nurhadi, Ali (2016) Profesi Keguruan Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan: Goresan Pena.
Sadiman, Rahardjo, Haryono, Raharjito. (2010). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Bandung: Tarsito.
Suyadi. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.
Zainal. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik 1 Halaman Melalui Workshop Daring DenganVariasi Model Jigsaw di Unit Pelaksana Teknis Daerah(UPTD) Sekolah Dasar(SD) Negeri Genteng 2 Bangkaln. Jurnal : re-JIEM 3 (2) : 201-215.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Published
2021-11-12
Section
Articles