UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 4 BANGKALAN

  • Trisiana Hartini, S.Pd SMA Negeri 4 Bangkalan
Keywords: Aktivitas, Hasil belajar, Cooperative Script

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi materi pengelolaan sumber daya alam Indonesia pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus mempunyai tahapan-tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan subyek penelitian semua siswa/i kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Bangkalan  tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 25 orang. Intrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan soal test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Cooperative Script dalam proses pembelajaran dikelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Bangkalan pada mata pelajaran geografi materi pengelolaan sumber daya alam Indonesia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I, persentase jumlah siswa yang beraktivitas baik atau sangat baik mencapai 66,7% dan pada siklus II mencapai 83,3%. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata nilai 70 dan ketuntasan klasikal 66,7%. Siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 73,8 dengan ketuntasan klasikal 83,3%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan metode Cooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi materi pengelolaan sumber daya alam Indonesia pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Bangkalan tahun pelajaran 2019/2020

References

Anas Sudjono. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.
Arikunto, Suharsimi. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto. Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rikena Cipta Aksara
Nurhadi, Ali. (2016). Profesi Keguruan :Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan Jawa barat; Goresan Pena.
Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas, (Yogyakarta : Diva Press.
Zain, M. Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Dan Hasil Belajar Dengan
Metode Debat Aktif Materi Perkembangan Faham Baru Dan Munculnya Pergerakan
Nasional Indonesia
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Published
2021-11-12
Section
Articles