UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI IKATAN KIMIA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 4 BANGKALAN

Authors

  • Dra. Anik Trisnawati, M.Pd SMA Negeri 4 Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.34557/jpl.v7i2.137

Keywords:

aktivitas, hasil belajar, ikatan kimia, discovery learning

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning pada materi ikatan kimia pada siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Bangkalan. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaa, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan subyek penelitian semua siswa-siswi kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Bangkalan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta soal tes berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan aktivitas guru maupun siswa dan hasil belajar dengan  menerapkan model discovery learning pada materi ikatan kimia di kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Bangkalan. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I dengan presentase 71,1% ( kategori cukup) menjadi   77,6% pada siklus II (kategori baik). Aktivitas siswa  pada siklus I persentase aktivitasnya 50% meningkat menjadi  87,5% pada siklus II. Dan hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Bangkalan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 64,17 dan persentase siswa yang tuntas  45,8 %  meningkat pada siklus II dengan rata-rata 73,75   dan persentase siswa yang tuntas sudah mencapai 83,3 %  sedangkan yang belum tuntas 16,7 %  mengalami peningkatan sebesar 37,5%. Kesimpulan dari  hasil penelitian ini yaitu penerapan model discovery learning pada materi ikatan kimia di kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Bangkalan dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar

References

Arikunto, Suharsimi. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Suhairimi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksara.
Fazrina. (2017) “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dipadu Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Di Madrasah Aliyah Kota Banda Aceh” Jurnal Program Studi Magister Pendidikan Biologi : Universitas Syiahkuala.
Hosnan. (2014) Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Ismail, Muratil (2013). “Meningkatkan Hasil Belajar Ikatan Kimia Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Telaga”. Jurnal Entropi. Vol. VIII. No. 1.
Markaban. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogakarta: Departemen Pendidikan Nasional PPPG Matematika.
Nizar Ahmad , Rangkuti. (2014). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Citapustaka Media.
Nurhadi, Ali. (2016). Profesi Keguruan :Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan Jawa barat; Goresan Pena.
Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Pendidikan. Bandung : Kencana Prenada Media Group.
Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas, (Yogyakarta : Diva Press.
W. Gulo. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grasindo.
Zain, M. Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Dan Hasil Belajar Dengan Metode Debat Aktif Materi Perkembangan Faham Baru Dan Munculnya Pergerakan Nasional Indonesia Pada Siswa Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 4 Bangkalan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal pendidikan lampu, 7(1), 27-41
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.

Downloads

Published

2021-11-12

Issue

Section

Articles