PENGGUNAAN PERMAINAN GO BACK SLODOR PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV UPTD SD NEGERI TUNJUNG 1 KECAMATAN BURNEH

Keywords: Permainan go back slodor, hasil belajar

Abstract

Berdasarkan realitas pembelajaran di kelas IV SD Negeri Tunjung 1 Kecamatan Burneh, terdapat permasalahan dalam pembelajaran, yaitu : 1) keaktifan siswa masih rendah, 2) partisipasi siswa pada pembelajaran kelompok sangat kurang, 3) komunikasi antar teman tidak berjalan efektif, 4) siswa yang memiliki kemampuan lebih tinggi bertindak sebagai pekerja dan pemikir serta cenderung mendominasi proses pembelajaran, 5) sebagian siswa cenderung takut dalam menyampaikan ide dan hasil kerjanya.Upaya yang mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan permainan go back slodor dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK ) dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Tunjung 1 Kecamatan Burneh yang berjumlah 25 siswa. Peneliti sebagai instrumen kunci dibantu oleh dua orang observer.Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi kegiatan guru dan siswa, tes hasil belajar, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan langkah-langkah yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) penggunaan permainan go back slodor terlaksana dengan baik, 2) penggunaan permainan tradisional Warisan budaya go back slodor dapat meningkatkan hasil belajar. yang ditunjukkan oleh hasil observasi dan hasil belajar siswa. Hasil observasi guru pada siklus I mencapai nilai rata-rata 73,75 dengan kriteria baik dan siklus II mencapai 83,30 dengan kriteria sangat baik sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,8 dengan kriteria baik dan siklus II mencapai nilai rata-rata 82,7 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan Hasil belajar siklus I mencapai 73 % dan siklus II mencapai 81 %.

References

Aulia, A. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas.Yogjakarta: Diva Press.
Arikunto, S. & Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2.Jakarta: Bumi Aksara.
Elliots, S. N & Gresham, F. M. 1990.Social Skill Rating system. American Guidance Service Inc. Publishers' Building, Circle Pines, MN 55014-1796.(http://overlake.virtual-space.net/SLP/SSRS_locked.pdf), diakses 21 Oktober 2016.
Kusumah, W. & Dwitagama, D. 2012.Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Indeks.
Nurhadi, Ali (2016) Profesi Keguruan :Menuju Pembentukan Guru Profesional. Goresan Pena, Kuningan, Jawa barat. ISBN 978-602-364-117-8
Riduwan & Akdon.2009. Rumus dan Data Aplikasi Statistik.Bandung: Alfabeta.
Roslan, E. 2008.Gagasan Merancang Pembelajran Kontekstual. Bandung:PT Karsa Mandiri Persada.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Published
2021-11-06
Section
Articles