PENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DPTM MATERI ILMU MEKANIKA PADA SISWA KELAS X TPM 2 SMKN 2 BANGKALAN

  • Slamet Soeprihatin SMKN 2 Bangkalan
Keywords: Model Pembelajaran STAD, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X TPM 2 pada mata pelajaran DPTM materi Ilmu Mekanika menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) di SMK Negeri 2 Bangkalan..Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri 2 siklus dan setiap siklusnya dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Waktu pelaksanaannya pada pada semester genap yaitu bulan Pebruari sampai Maret 2020. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TPM 2 SMK Negeri 2 Bangkalan tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 30 orang siswa. Tahapan penelitian tindakan kelas terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.. Metode pengumpulan data menggunakan  angket motivasi belajar, dan test hasil belajar. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan setiap siklusnya yaitu pada siklus I motivasi belajar siswa tergolong pada katagori cukup termotivasi dengan persentase motivasinya 64,8% dan siklus II meningkat menjadi katagori sangat termotivasi dengan persentase motivasinya 78,1%, (2) terjadi peningkatan hasil belajar setiap siklusnya yaitu pada siklus I rata-rata nilai mencapai 64 dengan ketuntasan klasikal 60 % (18 dari 30 siswa tunts belajar)  dan pada siklus II rata-rata nilai menjadi 72 dengan ketuntasan klasikal 83,3% ( 25 dari 30 siswa tuntas belajar).

References

Agung, Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press
Andriansah. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Proses Dasar Perlakuan Logam (PDPL) Melalui Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) bagi Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. FT UNY.
Arends, Richard I. (2013). Belajar untuk Mengajar. Jakarta: Salemba Humanika Arikunto, Suharsimi, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Aryadi, Agus. (2014). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Mata Diklat Pengukuran Teknik Standar Kompetensi Menggunakan Alat- alat Ukur (Measuring Tool) Siswa Kelas X TPBO SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta. Skripsi. FTUNY.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Badan Pusat Statistik. (2015). Pengangguran Terbuka menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan Tahun 2004-2015. Diakses pada tanggal 15 Januari 2016 darihttp://bps.go.id.
Bloom, Benyamin S. (1979). Taxonomy of Educational Objectivitas, The Classification of Educational Goals. New York: Handbook 1 Cognitive Domain, David McKayCompany.Inc.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. (2002). Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hosnan, M. (2014).Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran
Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Janati, Ery Wahyu. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Kompetensi Memberi Bantuan untuk Pelanggan Internal dan Eksternal di SMK Pelita Buana Sewon. Skripsi. FTUNY.
Joyce, Bruce & Weil, Marsha. (1996). Models of Teaching. Boston: Pearson
Latif, Rifan. (2011). Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Mata Diklat Ilmu Statika Kelas X Jurusan Gambar Bangunan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakata. Skripsi. FTUNY.
Madya, Suwarsih. (2011). Teori Dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.
Moore, Kenneth D. (2014). Effective Instructional Strategies from Theory to Practice. Henderson State University.
Nurhadi, Ali (2016) Profesi Keguruan :Menuju Pembentukan Guru Profesional. Goresan Pena, Kuningan, Jawa barat. ISBN 978-602-364-117-8
Poerwadarminta, W.J.S. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, Robert E. (2010). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik.
Bandung: Nusa Media.
Soemanto, Wasty. (2003). Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana,Nana.(2013).PenilaianHasilProsesBelajarMengajar.Bandung:PT RemajaRosdakarya.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suparman. (2009). Ilmu Mekanika II. Universitas Negeri Yogyakarta.
Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Usman, Husaini. (2003). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
Widiyanti, Astri. (2015). Penggunaan Metode STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Balajar pada Mata Pelajaran Memperbaiki Sistem Penerima Televisi Siswa Kelas XI Teknik Audio Video di SMK PN 2 Purworejo. Skripsi. FT UNY.Wiraatmadja, Rochiati. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yamin, H Martinis. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta.
Yudhistira, Dadang. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang Apik. Jakarta : PT Grasindo.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Published
2021-11-03
Section
Articles