PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG MATERI HUBUNGAN ANTAR SATUAN VOLUME MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN ZOOM MEETING PADA SISWA KELAS VI UPTD SD NEGERI DEMANGAN 4 KECAMATAN BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN

  • Rukmiyati, S. Pd. SD UPTD SD Negeri Demangan 4 Bangkalan
Keywords: hasil belajar, matematika, STAD, variasi garis bilangan, zoom meeting

Abstract

Sebagai seorang guru yang baru di kelas VI UPTD SDN Demangan 4 ketika proses pembelajaran matematika tentang bangun ruang materi hubungan antar satuan volume, hasil pembelajaran selalu kurang memuaskan. Terlebih saat ini suasana covid 19 dibutuhkan media agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Media yang digunakan, yaitu zoom meeting. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VI UPTD SD Negeri Demangan 4 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan tahun peajaran 2020/2021. Berdasar hasil penelitian disimpulkan berikut ini. Pertama model pembelajaran kooperatif tipe STAD variasi garis bilangan mrenggunakan zoom meeting dapat meningkatkan prestasi belajar matematika tentang bangun ruang materi hubungan antar satuan volume pada siswa kelas VI UPTD SDN Demangan 4 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan, dibuktikan pada pelaksanaan siklus I diperoleh rata-rata hasil penguasaan materi secara kelompok, yaitu kelompok I skor 20, kelompok II skor 40, kelompok III skor 60, menjadi naik pada siklus II, yaitu kelompok I skor 80, kelompok II skor 100, kelompok III skor 100, sehingga sudah di atas KKM yang ditargetkan sebesar 65. Sedangkan hasil postest secara individu pada siklus I diperoleh rata-rata 61,43 masih berada di bawah KKM matematika yang ditargetkan, yaitu 65. Setelah pelaksanaan siklus II hasil belajar siswa secara individu lebih meningkat dibandingkan siklus I. Nilai rata-rata post test untuk setiap siswa adalah 78,57. Nilai ini sudah berada di atas KKM yang ditargetkan yaitu 65, serta melebihi 85% dari jumlah siswa yang ada, sehingga sudah mencapai target atau indikator keberhasilan dan siklus dihentikan. Kedua respon siswa kelas VI UPTD SDN Demangan 4 dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD variasi garis bilangan mrnggunakan zoom meeting sangat senang berdasar pernyataan di angket. Hal ini dibuktikan setelah penggunaan model kooperatif STAD variasi garis bilangan dari 14 siswa, 11 siswa atau 78,57% menyatakan sangat senang, 2 siswa atau 14,29% menyatakan ragu-ragu dan 1 siswa atau 7,14% yang menyatakan tidak senang. Hal ini menunjukkan siswa senang dengan pembelajaran matematika dengan model kooperatif STAD variasi garis bilangan menggunakan zoom meeting. Saran diberikan bagi siswa hendaknya terus meningkatkan prestasi belajarnya dengan berkolaborasi meskipun suasana covid 19. Bagi guru model STAD variasi garis bilangan dapat diterapkan meskipun suasana covid.

References

Arikunto, Suharsimi, 1998. Pengelolaan Kelas dan Siswa Suatu Pendekatan Evaluatif. Jakarta: CV. Rajawali
Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2011. Peneilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.
Kusharyati, Indah 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Hubungan Antar Satuan Volume Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Variasi Garis Bilangan Pada Siswa Kelas VI SDN Jrengik 1 Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang. PTK Tidak diterbitkan. Sampang: SDN Jrengik 1.
Nurhadi, Ali. 2017. Profesi Keguruan Menuju Pembentukan Guru Profesional. Cetakan ke dua. Kuningan: Goresan Pena
Nur, Muhammad dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unipress UNESA.
Nur Muhammad dan Prima Retno Wikandari. 2000. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya: UNESA Press.
Wahyu Aji, Fatma Sewi. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (1) Hal 55-61.
Published
2021-05-19
Section
Articles