PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW MENGGUNAKAN ZOOM MEETING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BILANGAN BULAT SISWA KELAS VI UPTD SDN MLAJAH 2 SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Astien Diena Koesmini, S. Pd UPTD SD Negeri Mlajah 2 Bangkalan
Keywords: model pembelajaran, jigsaw, zoom meeting, prestasi, matematika

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang akan dipergunakan dalam seluruh aspek kehidupan. Memiliki kemampuan memecahkan soal Matematika akan menjadi bekal bagi siswa untuk melakukan pemecahan masalah dalam menjalani kehidupan saat ini dan nanti. Salah satu operasi hitung yang dibahas di Sekolah Dasar kelas VI adalah operasi hitung campuran pada bilangan bulat. Oleh karena materi ini merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa maka siswa harus memahami dan dapat menerapkan dalam kehidupan. Kenyataannya terdapatr banyak masalah dalam pembelajaran matematika termasuk di UPTD SDN Mlajah 2 Bangkalan. Penelitian ini adalah PTK dengan 2 siklus. Metode pengumpulan data dengan tes, observasi, dan wawancara. Analisis data dengan kuantitatif dan kualitatif menunjukkan hasil yang positif baik dari peningkatan motivasi belajar dan prestasi belajar mata pelajaran matematika. Berdasarkan paparan data dari hasil penelitian sesuai rumusan masalah dan tujuan penelitian disimpulkan beberapa hal berikut ini. Pertama model kooperatif jigsaw menggunakan zoom meeting dapat meningkatkan prestasi belajar matamatika siswa kelas VI UPTD SDN Mlajah 2 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan dibuktikan perolehan nilai rata-rata hasil tes 62,69 pada siklus I dengan ketuntasan belajar 38,46%  mengalami kenaikan pada siklus II dengan nilai rata-rata 75 dengan ketuntasan belajar 88,46% sehingga melebihi KKM matematika sebesar 68 dengan persentasi kelulusan klasikal 75%.. Kedua aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan model kooperatif jigsaw juga mengalami peningkatan. Aktivitas guru dari siklus I diperoleh 70% berkategori baik berdasarkan observasi dan mengalami peningkatan pada siklus II diperoleh 92,5% berkategori sangat baik. Aktivitas siswa 70% pada siklus I berkategori baik mengalami kenaikan pada siklus II diperoleh 92,5% berkategori sangat baik. Ketiga respon siswa kelas VI UPTD SDN Mlajah 2 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan setelah diterapkan pembelajaran model jigsaw menggunakan zoom meeting diperoleh rata-rata 89,4 menyatakan sangat positif atau senang. Berdasarkan kesimpulan penelitian disarankan: 1) Bagi guru hendaknya menerapkan model pembelajaran ini mengingat bahwa penerapan model kooperatif jigsaw menggunakan zoom meeting dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran; 2) Bagi Kepala Sekolah, hendaknya memberrikan kebijakan inovasi pembelajaran bagi para gurunya terutama masa covid 19. 

References

Arif, Sadiman. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Arikunto, S. Suhardjono, Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhadi, Ali. 2017. Profesi Keguruan Menuju Pembentukan Guru Profesional. Cetakan ke dua. Kuningan: Goresan Pena
Rasul, Moh. 2019. Hubungan Antara Penggunaan Media Pembelajaran Daring dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa SMP Fadilatul Qur’an Ketapang Daya Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang. Skripsi Tidak Diterbitkan Prodi S-1 PPKN STKIP-PGRI Sampang.
Riyanto Yatim, (2001). Pendekatan dan Analisis Sistem Pembelajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.
Suhartiningsi. 2012. Penarapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VI SDN I Bandang Laok 2 Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. PTK Tidak diterbitkan. Tulungagung: SDN 1 Wates.
Wahyu Aji, Fatma Sewi. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (1) Hal 55-61.
Published
2021-03-31
Section
Articles