PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X MIPA 2 PADA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMA NEGERI 4 BANGKALAN

  • Mohammad Fauzurradjak, S.Pd. SMA Negeri 4 Bangkalan
Keywords: : peningkatan, hasil belajar, keaktifan, problem based learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 4 Bangkalan pada materi trigonometri melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitiannya semua siswa siswi kelas X MIPA 2 SMA Negeri 4 Bangkalan yang berjumlah 25 orang. Waktu pelaksanaannya pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 yaitu bulan Pebruari 2020.  Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar dan keaktifan siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 4 Bangkalan pada materi trigonometri dapat ditingkatkan. Ketuntasan belajar kelas meningkat dari 56 % dengan rata-rata hasil belajar 64,8 menjadi 84 % dengan rata-rata hasil belajar 72, dan presentasi  keaktifan siswa dengan katagori baik atau sangat baik  meningkat dari 68 % menjadi 84 %.

References

Hamalik, Oemar. 2009. Proses BelajarMengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Nurhadi, Ali. 2016. Profesi Keguruan :Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan Jawa barat: Goresan Pena Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.
Sardiman. 2010. Interaksi dan MotivasiBelajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar ProsesBelajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sutawidjaja, A.1997. Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Matematika IPA dan Pembelajarannya 20 (2):175—187.
Published
2021-03-31
Section
Articles