PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS I-C UPTD SDN KEMAYORAN 1 BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2019-2020

  • Raden Nurkamariyah UPTD SD Negeri Kemayoran I Kec. Bangkalan
Keywords: membaca permulaan, media kartu kata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas I-C UPTD SDN Kemayoran 1 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis Mc. Teggart dengan subjek penelitian siswa kelas 1 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) tes membaca lisan dan tes tertulis memahami bacaan, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Indikator keberhasilan siswa yang harus dicapai dengan rerata kelas 70 dan ketuntasannya 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I-C UPTD SDN Kemayoran 1 Bangkalan. Keterampilan membaca pada pra tindakan sebesar 62,74 dan ketuntasanya 48%, pada siklus I meningkat menjadi 69,9 dengan ketuntasan 74%, peningkatan pada siklus II 76,7 dengan ketuntasan 90%. Pada tindakan ini keterampilan membaca siswa dengan lafal, intonasi dan membaca memahami meningkat hingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu dengan rata-rata kelas 70 dan ketuntasan kelas 80%. Pada siklus I digunakan kartu kata dengan ukuran 13 x 6 cm dan setiap kata dengan satu warna, pada siklus II digunakan kartu kata yang lebih lebih besar 18 x 6 cm dan setiap kata terdapat pemengaalan kata yang dipisahkan dengan warna yang berbeda

References

Ahmad RofiÔÇčuddin, dan Darmiyati Zuhdi. (1998). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Arief S. Sadiman. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta : RajaGrafindo Persada.
Darmiyati Zuchdi dan Budiasih. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiadi Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.
Departemen Pendidikan Nasional. Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Farida Rahim. (2007). Dasar Pengajaran membaca di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
___ _ _ _ (2011). Dasar Pengajaran membaca di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
M. Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nuriadi. (2008). Teknik Jitu Menjadi Pembaca Trampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Parjono. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Lembaga Penelitian UNY. Karangmalang Yogyakarta.
Saleh Abbas.(2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di Sekolah Dasar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional.
Sabarti akhadiah, dkk. (1993). Bahasa Indonesia I. Jakarta. Direktorat jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Suharsimi Arikunto, dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Akhmad Huda. (2013). pembelajaran-membaca-permulaan-dengan pendekatan pengalaman berbahasa di kelas awal sekolah dasar.
Published
2021-03-31
Section
Articles