MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI BERIMAN KEPADA QADA’ DAN QADAR MELALUI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS IX UPTD SMP NEGERI 2 BANGKALAN KABUPATEN BANGKALAN

  • Dra. SITI MU’AWANAH UPTD SMP Negeri 2 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan
Keywords: Hasil Belajar, Snowball Throwing

Abstract

Banyak siswa yang justru mengalami kesulitan dalam menyelesaikan materi Pendidikan Agama Islam, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. PAI adalah materi bersifat luas yang sesuai dengan keadaan sehari-hari. Hal ini juga mempengaruhi model pembelajaran yang harus lebih menekankan pada bagian yang lebih luas agar siswa tidak ragu lagi memahami materi Pendidikan Agama Islam, khususnya materi beriman kepada qada’ dan qadar. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan materi ini adalah model pembelajaran melempar bola salju/snowball throwing Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX J. Dalam penelitian ini adalah semacam penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan strategi dokumentasi, observasi, dan tes. Uji analis data menggunakan metode deskriptif  untuk hasil belajar siswa setelah kegiatan tindakan. Berdasar hasi dari observasi dan refleksi siklus I menunjukkan peningkatan jika dibandingkan dengan nilai yang mendasarinya sebelum siswa diberikan kegiatan pada siklus I, mengingat hasil perhitungan siklus I kemampuan kognitif siswa dari 26 siswa kelas IX J terdapat 15 siswa yang telah tuntas dan 11 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata adalah 7,3, sedangkan pada nilai awal sebelum siklus kegiatan I diadakan, 10 siswa telah tuntas dan 16 siswa belum tuntas dengan skor rata-rata 7.0. Meskipun demikian, latihan pada siklus I sebenarnya harus diulangi agar hasil belajar dan ketuntasan pembelajaran dapat lebih ditingkatkan lagi. Pada siklus II terlihat adanya peningkatan hasil belajar yang dicapai dengan nilai rata-rata 9,4 dan dari segi kognitif terdapat 3 siswa yang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran bola salju/snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX UPTD SMP Negeri 2 Bangkalan mengenai materi pembelajaran beriman kepada qada’ dan qadar. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bahwa guru harus menonjolkan model pembelajaran yang akan digunakan sambil menjelaskan materi agar disesuaikan dengan tujuan, materi, waktu, sarana, karakteristik siswa, dan penilaian.

References

Dimyati dan Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Jacobsen, David A. 2009. Methods For Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensinde
Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: FKIP UNS
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Published
2021-03-31
Section
Articles